Kodim 0611 Garut Petakan Wilayah Rawan Bencana, Warga Diminta Selalu Waspada

Dandim 0611 Garut, Letkol Inf Erwin Agung, menegaskan pihaknya sudah memiliki pemetaan strategi dalam penanggulangan bencana di Garut.

Kodim 0611 Garut Petakan Wilayah Rawan Bencana, Warga Diminta Selalu Waspada
Tribun Jabar/Firman Wijaksana
Dandim 0611 Garut, Letkol Inf Erwin Agung. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Wijaksana

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Jadi lokasi rawan bencana, warga Garut diminta untuk meningkatkan kewaspadaan.

Dalam beberapa hari ke depan, diperkirakan intensitas hujan di Garut cukup tinggi.

Dandim 0611 Garut, Letkol Inf Erwin Agung, menegaskan pihaknya sudah memiliki pemetaan strategi dalam penanggulangan bencana di Garut.

Ratusan Hektare Kebun Jagung di Garut Diserang Hama Ulat, Malangbong dan Banyuresmi Paling Parah

Residivis Kembali Jadi Pengedar Sabu-sabu Nyamar sebagai Pedagang Ikan, Diungkap Polres Garut

Pemkab Garut Siapkan Rp 30 Miliar untuk Menangani Bencana

Pihaknya meminta warga selalu waspada terutama bagi yang tinggal di wilayah perbukitan.

"Kami saat ini tengah menyusun langkah antisipasi bencana. Manajemen tahapan kebencanaan telah kami rumuskan dari mulai prabencana, tanggap darurat, hingga mitigasi," ujar Erwin, Rabu (15/1/2020).

Pihaknya telah mengevaluasi serangkaian bencana besar yang pernah terjadi di Garut. Mulai dari longsor hingga banjir bandang yang telah menelan korban jiwa pada tahun 2016.

"Evaluasi tersebut tentunya akan menentukan daerah mana yang akan menjadi skala prioritas dalam upaya penanganan," katanya.

Saat ini pihaknya bersama Pemkab Garut sudah melakukan berbagai langkah koordinasi. Termasuk dengan aparat kepolisian untuk melakukan penanganan.

"Dalam waktu dekat kami akan menggelar apel penanggulangan bencana. Akan melibatkan seluruh komponen masyarakat. Kami juga sedang menyiapkan posko bencana," ucapnya.

Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman, menuturkan, masyarakat dan seluruh elemen harus terlibat dalam penanganan bencana. Kewaspadaan di musim hujan perlu ditingkatkan untuk meminimalisir dampak bencana.

"BPBD juga terus memantau setiap terjadi hujan. Kami meminta setiap personel di semua daerah untuk melaporkan secara cepat jika terjadi bencana," ucap Helmi.

Helmi menambahkan, sebagai salah satu daerah rawan bencana, pihaknya harus mempersiapkan penanganan bencana. Logistik dan keperluan lainnya telah disiapkan.

"Bencana kan tidak diduga. Kami harap tetap aman. Warga harus tetap waspada. Segera pergi ke tempat aman jika hujan deras," katanya. (firman wijaksana)

Penulis: Firman Wijaksana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved