Breaking News:

Ingin Seperti Kawasan Wisata Kota Tua, Braga akan Disterilisasi, Kendaraan Tak Boleh Parkir

Kawasan Jalan Braga menjadi salah satu tujuan wisata Kota Bandung, namun banyaknya sepeda motor dan mobil parkir di bahu jalan, membuat kawasan terseb

TRIBUN JABAR/Daniel Andreand Damanik
Jalan Braga Kota Bandung 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman.

TRIBUNJABAR. ID, BANDUNG - Kawasan Jalan Braga menjadi salah satu tujuan wisata Kota Bandung, namun banyaknya sepeda motor dan mobil parkir di bahu jalan, membuat kawasan tersebut kerap macet.

Pemerintah Kota Bandung pun kini tengah membuat kajian tentang sterilisasi Jalan Braga, dengan memindahkan parkir kendaraan ke tempat lain, tak jauh dari Braga.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, mengatakan bahwa nantinya kawasan tersebut dapat menjadi destinasi wisata yang nyaman dan terbebas dari kemacetan.

Diharapkan, ke depan Jalan Braga dapat menjadi kawasan wisata seperti Kota Tua di Jakarta.

"Insy Allah masih dikaji (jalan Braga steril dari parkir kendaraan). Mudah-mudahan bisa menjadi (seperti) destinasi wisata Kota Tua sekaligus disiapkan konten di sana," ujar Yana Mulyana, di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Kota Bandung, Rabu (15/1/2020).

Ketua FSKN Sebut Garis Keturunan Raja dan Ratu Keraton Agung Sejagat Tidak Jelas

Menurutnya, di kawasan Jalan Braga terdapat sejumlah destinasi wisata yang mampu mendatangkan wisatawan lokal maupun luar kota.

"Itu hanya menjadi perlintasan (kendaraan) saja, seperti Malioboro di Yogyakarta," katanya.

Sedangkan untuk mesin parkir yang berada di sepanjang Jalan Braga, ujar Yana, akan dipindahkan ke wilayah yang juga potensial meraup biaya parkir.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Ricky Gustiadi, menambahkan bahwa pihaknya sudah berkomunikasi dengan sejumlah pemilik toko yang ada di kawasan tersebut.

Menurut Ricky, para pemilik toko menyambut positif rencana Pemkot Bandung untuk melakukan sterilisasi kendaraan kawasan tersebut.

Namun, sambung Ricky, para pemilik toko meminta agar nantinya tempat parkir yang baru, tidak jauh dari kawasan Braga.

Pihaknya pun akan melakukan kajian lebih lanjut terkait tempat parkir baru bagi pengunjung kawasan Braga.

"Kami akan mempersiapkan kajian lokasi penampungan (parkir). Target kalau bisa Februari dan Maret berjalan, plus minusnya dilihat dari kajiannya," ujar Ricky.

Tak Ingin Banjir Terulang, Pemkot Cirebon Keruk Sungai Cikalong

Cerita Sopir Taksi Online Dapat Orderan Dinihari, Pemesan Tak Mencurigakan tapi Akhirnya Main Bacok

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved