Tanggul Irigasi di Tegal Munjul Jebol Hancurkan Pipa Air, PDAM Purwakarta Pastikan Pasokan Air Aman

Tanggul irigasi di Kelurahan Tegal Munjul, Purwakarta sempat jebol beberapa waktu lalu akibat hujan besar, pipa saluran air PDAM pun sempat terputus

Tanggul Irigasi di Tegal Munjul Jebol Hancurkan Pipa Air, PDAM Purwakarta Pastikan Pasokan Air Aman
Tribun Jabar/Muhamad Nandri Prilatama
Tanggul irigasi di Kelurahan Tegal Munjul, Purwakarta sempat jebol beberapa waktu lalu akibat hujan besar, pipa saluran air PDAM pun sempat terputus. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Tanggul irigasi di Kelurahan Tegal Munjul, Purwakarta sempat jebol beberapa waktu lalu akibat hujan besar, pipa saluran air PDAM pun sempat terputus.

Para pelanggan air PDAM di wilayah tersebut seperti Tegal Munjul, Munjul Jaya, Citalang, Cimaung, dan sekitarnya alami gangguan pasokan air bersih.

PDAM sudah mencoba memfungsikan kembali jaringan pipa lama yang tak terdampak oleh pergeseran tanah agar pasokan air ke pelanggan aman.

Direktur Teknik PDAM Purwakarta, Susanto mengatakan pihaknya telah mengupayakan agar pasokan air bersih tetap mengalir dengan gunakan pipa lama yang kembali difungsikan.

"Pelanggan yang terkena dampak gangguan pasokan air PDAM di antaranya Tegal Munjul, Munjul Jaya, Citalang, dan Cimaung. Debit air yang mengalir ke pelanggan menurun drastis karena pipanya kemarin terputus," katanya di Purwakarta, Selasa (14/1/2020).

Susanto juga menyebut pihaknya terus mencoba mengembalikan kondisi seperti semula secara bertahap.

Saat ini, lanjutnya masuk dalam tahapan pematangan desain dan nantinya menyiapkan anggaran juga pelaksanaan.

"Lokasi jembatan pipa yang dibangun akan digeser dari posisi semula. Perbaikan jembatan pipa juga disesuaikan dengan pekerjaan perbaikan gorong-gorong oleh PJT II," ujarnya.

Terpisah, salah seorang pelanggan PDAM Purwakarta di wilayah Munjul Jaya, Anggi (38) menyebut aliran air PDAM ke rumahnya terjadi gangguan sejak awal 2020.

"Airnya hanya mengalir sedikit. Kami sudah tahu jika ada gangguan pasokan air PDAM. Tapi, kami bantu dengan menyediakan air di mobil tangki," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, jembatan tanggul irigasi di Kelurahan Tegal Munjul alami kerusakan karena curah hujan tinggi yang terjadi di awal 2020 sehingga debit air sungai di Munjul meningkat. (*)

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved