Soal Percepatan Pembangunan Tol Cisumdawu, Pemprov Jabar Tunggu Instruksi Kementerian

percepatan pengoperasian Tol Cisumdawu akan sangat membantu transportasi darat dari Bandung Raya dan Priangan Timur ke Bandara Kertajati

Soal Percepatan Pembangunan Tol Cisumdawu, Pemprov Jabar Tunggu Instruksi Kementerian
Tribunjabar/Seli Andina Miranti
Jalan Tol Cisumdawu yang bisa dilalui pemudik sebagai jalur alternatif di Sumedang 

TRIBUNJABAR.ID- Pemprov Jabar menyambut baik percepatan pengoperasian Tol Cisumdawu dan percepatan proses tender Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Jabar, Koswara, mengatakan percepatan pengoperasian Tol Cisumdawu akan sangat membantu transportasi darat dari Bandung Raya dan Priangan Timur ke Bandara Kertajati, terutama pada pemberangkatan jamaah haji Jabar melalui Bandara Kertajati pada 2020.

Percepatan proses tender Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap, ujarnya, tentu akan mempercepat pembangunan dan pemanfaatannya oleh masyarakat Jabar.

"Kami akan support full. Pastinya sesuai tugas dan kewenangan kita. Bila ada tugas-tugas yang diberikan pusat, kita akan laksanakan dengan sungguh-sungguh," kata Koswara melalui ponsel, Senin (13/1/2020).

Namun, Pemprov Jabar, ujarnya, masih menunggu instruksi lebih lanjut dari kementerian tentang saja yang harus dilakukan berkaitan dengan percepatan pembangunan dan pengoperasian tol tersebut.

"Kami akan bantu dan koordinasikan. Progres Tol Cisumdawu, minggu kemarin ada rapat AMDAL lalu lintas untuk pembangunan di perempatan Cileunyi," katanya.

Tol Cisumdawu Rampung Akhir Tahun, Terkendala Pembebasan Lahan di Seksi IV dan V

Pemprov Jabar Bagikan 24 Unit Motor Baca, Genjot Minat Baca Warga Jabar

Skenario Besar Pemprov Jabar untuk Tangani Lahan Kritis, Kolaborasi Pentahelix Semua Warga Terlibat

Sebelum diinstruksikan untuk dipercepat prosesnya, 2020 akan menjadi tahun yang panjang untuk semua proses tender proyek pembangunan Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap.

Fisik tol penghubung Jabar dengan Jateng lewat kawasan selatan ini baru bisa dikerjakan pada 2021 dan digunakan pada 2024.

Koswara mengatakan proses lelang proyek ini memang lama, dari awal sampai akhir 2020. Prosesnya dikomandoi langsung oleh pemerintah pusat.

"Pemprov Jabar dalam hal ini supporting pembebasan tanah. Semua prosesnya dari pemerintah pusat. Penetapan lokasi oleh gubernur," kata Koswara.

Halaman
12
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved