Ridwan Kamil Minta Proyek Pramestha Resort Dihentikan, Bupati KBB Pertanyakan Rekomendasi Terdahulu

Bupati Bandung Barat, Aa Umbara, diminta Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, untuk memberhentikan proyek Pramestha Resort Town di Desa Langensari, Kecamatan

Ridwan Kamil Minta Proyek Pramestha Resort Dihentikan, Bupati KBB Pertanyakan Rekomendasi Terdahulu
Tribunjabar/Hilman Kamaludin
Kondisi di proyek perumahan Pramestha Resort Town di Lembang. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, LEMBANG - Bupati Bandung Barat, Aa Umbara, diminta Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, untuk memberhentikan proyek Pramestha Resort Town di Desa Langensari, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Permintaan tersebut karena proyek perumahan yang dibangun di zona merah pembangunan yakni Kawasan Bandung Utara (KBU) itu dinilai banyak pelanggaran, di antaranya lokasi proyek tersebut berada pada lahan dengan kemiringan lereng di atas 30 persen.

"Ini harus ditelusuri dulu, kalau kemarin izinnya ada, tapi sekarang di media rame ada pelanggaran, kenapa kemarin keluar izinnya," ujarnya saat ditemui di Lembang, Selasa (14/1/2020).

Diminta Ridwan Kamil Hentikan Proyek Pramestha Resort Town, Bupati KBB Tidak Ingin Gegabah

Pihaknya juga memastikan tim teknis jaman Gubernur Jabar periode tahun 2003 sampai 2008 yakni Danny Setiawan pasti turun ke lapangan untuk melakukan kajian di lokasi proyek pembangunan tersebut.

"Dari gubernur yang dulu tim teknisnya pasti turun, enggak mungkin juga rekomendasi (keluar), walaupun itu jaman pak Danny pasti ada kajian dulu untuk mengeluarkan rekomendasi," kata Aa Umbara.

Gubernur Jabar Minta Bupati KBB Setop Pembangunan Perumahan Pramestha Resort Town
Gubernur Jabar Minta Bupati KBB Setop Pembangunan Perumahan Pramestha Resort Town (Tribunjabar/Hilman Kamaludin)

Sebelumnya, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) KBB juga mengklaim pembangunan Pramestha Resort Town sudah mengantongi semua perizinan, seperti Analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) hingga Izin mendirikan bangunan (IMB).

"Bahkan rekomendasi gubernur juga ada, dari jaman pak Danny Setiawan (Gubernur Jabar periode tahun 2003 sampai 2008)," ujar Kepala DPMPTSP KBB, Ade Zakir saat ditemui di Pemkab Bandung Barat, Senin (14/1/2020).

Pernyataan tersebut, senada Corporate Communications Pramestha Resort Town, Syarif Alqdri bahwa semua perizinan hingga rekomendasi gubernur memang sudah dikantongi sebelum pihaknya membangun.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil Hentikan Sementara Izin Pembangunan Skala Besar Kawasan Bandung Utara

"Ini baru sebatas bocoran, tapi untuk semua perizinan Alhamdulillah sudah ada semua, bahkan rekomendasi dari gubernur sebelumnya (Danny Setiawan) sudah ada, keluarnya tahun 2009," ujarnya saat dihubungi Tribun Jabar melalui sambungan telepon, Senin (13/1/2020)

Pihaknya juga sudah memperlihatkan semua dokumen perizinan tersebut, baik ke DPRD KBB maupun ke Pemprov Jabar. Namun terkait surat itu, baru sebatas permintaan dari gubernur ke bupati.

"Yang jelas semua perizinan kami punya, kami gak mungkin melakukan pembangunan tanpa adanya izin terlebih dahulu," kata Syarif.

Penyaluran Dana Hibah dan Bansos Sistem Online, Aa Umbara Tak Akan Halangi Penyelidikan Polda Jabar

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved