Musim Hujan Mengancam, Dua Ruang Kelas SDN 1 Cidolog Ciamis Terpaksa Dikosongkan

Memasuki musim hujan, dua ruang kelas SDN 1 Cidolog, Desa/Kecamatan Cidolog, Kabupaten Ciamis terpaksa dikosongkan

Musim Hujan Mengancam, Dua Ruang Kelas SDN 1 Cidolog Ciamis Terpaksa Dikosongkan
Tribun Jabar
Ilustrasi: Sekolah Rusak 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Memasuki musim hujan, dua ruang kelas SDN 1 Cidolog, Desa/Kecamatan Cidolog, Kabupaten Ciamis terpaksa dikosongkan.

Akibatnya kegiatan belajar mengajar tiga rombongan belajar yang biasanya menggunakan dua ruang kelas tersebut dialihkan ke tiga ruang kelas lainnya yang kondisinya masih bagus.

“Tiga ruang kelas yang lain disekat di tengah dibagi dua. Kebetulan murid SDN 1 Cidolog tersebut tidak banyak. Ruang kelas disekat agar kegiatan belajar mengajar tetap berlangsung,” ujar Kabid SD Disdik Ciamis H Endang Kuswana kepada Tribunjabar.id, Selasa (14/1/2020).

Kepala Dinas Pendidikan Sebut Ada Ribuan Kelas di Majalengka dalam Kondisi Rusak Parah

Tiga rombel yang dialihkan masing-masing kelas I, II dan kelas III.

Sekarang proses belajar mengajarnya dialihkan ke ruang kelas IV, V dan kelas VI yang sudah disekat di tengahnya.

Dua ruang kelas yang terpaksa dikosongkan tersebut kondisinya sudah mengkhawatirkan. Bagian atapnya sudah melengkung.

“Rangka atap baik itu kaso maupun reng dari kayu, dan sudah melengkung. Khawatir ambruk bila dihantam hujan dan angin kencang. Makanya dua ruang kelas terpaksa dikosongkan,” katanya.

Tak hanya dikosongkan, tapi genteng atap dua ruang kelas tersebut kata Endang sudah diturunkan sebagai upaya penyelamatan asset sekaligus mengantisipasi kemungkinan ambruknya bagian atap.

Dua ruang kelas SDN 1 Cidolog yang sudah dikosongkan tersebut akan direhab pada tahun anggaran (TA) 2020.

Sebelumnya, kata Endang, Disdik Ciamis telah menurunkan tim untuk melakukan penyisiran ruang kelas rusak di 740 SD yang tersebar di 258 desa dan 7 kelurahan di 27 kecamatan di Ciamis.

Bangunan Sekolah Rata Gara-gara Proyek KCIC, Ratusan Murid SDN 1 Malangnengah Pindah ke Kantor Desa

Penyisiran ruang kelas rusak tersebut tak hanya berdasarkan data yang  ada tetapi juga berdasarkan laporan dari pihak sekolah maupun masyarakat tentang kondisi terakhir sekolah.

“Kami khawatir laporannya tidak di-update makanya diturunkan tim teknis ke lapangan mengantisipasi musim hujan,” ujar Endang.

Tim teknis juga menemukan ruang kelas rusak di SD Gunung Cupu 3 Sindangkasih,  SDN Gunung Cupu 4 serta SD Janggal 2 Cidolog.

“Tapi kondisinya rusak sedang, diproritaskan untuk direhab tahun 2020 ini. Ada bagian baja ringan atap ruang kelas yang masih dikaji tim teknis, apakah kerusakannya tersebab kualitas baja ringan atau karena dampak dari gerakan tanah. Tim masih melakukan penyisiran di lapangan,” katanya. (andri m dani)

Penulis: Andri M Dani
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved