Banyak Penderita Gangguan Jiwa, DPRD Rekomendasikan Pemkot Bandung Bangun Rumah Sakit Jiwa

DPRD Kota Bandung melalui panitia khusus atau Pansus 4 yang dipimpin Aries Supriatna membahas Perda tentang sistem kesehatan daerah.

Banyak Penderita Gangguan Jiwa, DPRD Rekomendasikan Pemkot Bandung Bangun Rumah Sakit Jiwa
tribunjabar/lutfi ahmad mauludin
Wali Kota Bandung Oded M Danial di Pendopo Kota Bandung, Rabu (20/11/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Tiah SM

TRIBUNJABAR,ID, BANDUNG - DPRD Kota Bandung melalui panitia khusus atau Pansus 4 yang dipimpin Aries Supriatna membahas Perda tentang sistem kesehatan daerah.

DPRD Kota Bandung juga memberikan sejumlah rekomendasi untuk Wali Kota Bandung, Oded M Danial.

Rekomendasi disampaikan Aries dalam sidang paripurna DPRD Kota Bandung di Gedung DPRD Kota Bandung, Selasa (14/12/2020).

Aries mengatakan, Perda Sistem Kesehatan Daerah menyangkut semua masalah kesehatan mulai dari bangunan, manajemen, SDM, pelayanan dan lainnya.

Pansus 4 merekomendasikan agar Pemerintah Kota Bandung memprioritaskan pembangunan puskesmas sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama yang dapat menjalankan fungsi promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif secara merata di seluruh wilayah Kota Bandung.

"Saat ini banyak puskesmas yang kurang layak baik gedung, layanan kesehatan, peralatan dan lainnya makanya harus ada perbaikan," ujar Aries.

Curah Hujan Tinggi Berpotensi Banjir di Bandung, Kondisi Sungai Citepus Paling Parah Karena Ini

Rekomendasi lainnya agar Pemerintah Kota Bandung memprioritaskan pembangunan rumah sakit tipe D atau Poliklinik Utama untuk menanggulangi permasalahan pelayanan kesehatan masyarakat, khususnya masyarakat tidak mampu pemegang kartu jaminan kesehatan.

Dewan juga minta agar Pemerintah Kota Bandung memprioritaskan pembangunan poliklinik utama kesehatan jiwa di lokasi eks Gedung RSKIA.

Hal ini berkaitan dengan upaya penanggulangan fenomena terjadinya peningkatan penderita gangguan jiwa dan penyalahgunaan Narkotika, Psikotropica dan Zat Adiktif lainnya (NAPZA) di Kota Bandung.

Halaman
123
Penulis: Tiah SM
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved