Breaking News:

Biaya Narasumber Rp 1 Miliar, Habiskan 70 Persen Anggaran CFD dan CFN di Kota Bandung

Kegiatan car free day (CFD) dan car free night (CFN) di Kota Bandung sudah menjadi tradisi bagi sebagian warga.

Penulis: Cipta Permana | Editor: Tarsisius Sutomonaio
Dokumentasi Tribun Jabar
Suasana keramaian di Car Free Day Dago, Jalan Ir H Djuanda, Bandung, Minggu (14/1/2018). 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Kegiatan car free day (CFD) dan car free night (CFN) di Kota Bandung sudah menjadi tradisi bagi sebagian warga.

Sejak program ini digulirkan, 10 tahun silam, arena CFD dan CFN menjadi area rekreasi gratis bagi warga untuk bisa menikmati suasana kota tanpa terganggu hilir mudiknya kendaraan.

Ini juga menjadi upaya pemerintah mengurangi tingkat polusi emisi gas buang kendaraan, sekaligus membiasakan kembali masyarakat untuk memanfaatkan kendaraan umum.

Dana tak sedikit digelontorkan Pemerintah Kota Bandung untuk mewujudkan hal itu.

Dalam dokumen Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Murni Tahun Anggaran 2020, sebagaimana dilansir portal resmi Pemkot Bandung, http/www.bandung.go.id, disebutkan bahwa program CFD/CFN ini adalah bagian dari program ketertiban dan keselamatan lalu lintas angkutan jalan Dinas Perhubungan Kota Bandung.

Untuk 2020, anggaran koodinasi penyelenggaraan CFD/CFN sebesar Rp 1.479.307.000.

Car Free Day
Car Free Day (Tribun Jabar)

Dalam dokumen ini juga disebutkan rincian penggunaan dana tersebut yakni, untuk belanja makan dan minum Rp 137.610.000, belanja pakaian kerja lapangan Rp 242.825.000, belanja jasa tenaga ahli/narasumber Rp 1.060.125.000, belanja peralatan dan mesin serta alat olahraga Rp 38.280.000, dan pengadaan buku laporan 467.000.

VIDEO Anggaran CFD/CFN Besar, Warga Minta Perbaikan Fasilitas

Uu Ruzhanul Ulum Bacakan Deklarasi Antikorupsi di CFD Dago, Sosialisasi kepada Anak Sekolah

Kepala Bidang Pengendalian dan Ketertiban Transportasi Dishub Kota Bandung, Asep Koswara, membantah besaran dana tersebut.

Menurutnya, alokasi anggaran koordinasi penyelenggaraan CFD/CFN di Kota Bandung tak sampai Rp 1,4 miliar per tahun melainkan hanya Rp 600 jutaan setiap tahun.

Jumlah tersebut, meliputi beberapa pos pengeluaran semisal belanja makan dan minum kegiatan dan honorarium petugas yang bertugas di kegiatan CFD/CFN.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved