12.806 Pencari Kerja di KBB Sudah Tersalurkan di Tahun 2019, Sisanya Masih dalam Proses

Sepanjang tahun 2019 ribuan pencari kerja di KBB telah disalurkan ke berbagi sektor pekerjaan dan berbagai perusahaan maupun industri.

12.806 Pencari Kerja di KBB Sudah Tersalurkan di Tahun 2019, Sisanya Masih dalam Proses
TRIBUN JABAR / TIAH SM
Ilustrasi: ribuan pencari kerja mengular 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, NGAMPRAH - Sepanjang tahun 2019 ribuan pencari kerja (pencaker) di Kabupaten Bandung Barat (KBB) telah disalurkan ke berbagi sektor pekerjaan dan berbagai perusahaan maupun industri.

Berdasarkan data Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) KBB, dari total pencari kerja yang terdaftar sebanyak 21.180 orang, sebanyak 12.806 orang telah berhasil disalurkan dan sisanya 8.300 orang masih dalam proses.

Kepala Disnakertrans KBB, Iing Solihin mengatakan, serapan pencaker itu tersebar di beberapa sektor dan bidang pekerjaan, seperti di sektor Perikanan, Pertanian, Peternakan, Pengolahan sebanyak 1.417 orang, Industri 8.621, Bangunan atau Konstruksi 79, Perdagangan Besar, Eceran, Rumah Makan dan Hotel 1.272 orang.

"Selain itu ada juga yang bekerja pada Jasa 81 orang, Padat Karya Infrastruktur 756, Tenaga Kerja Mandiri 480, dan Pemagangan 100 orang," ujarnya di Kompleks Perkantoran Pemkab Bandung Barat, Senin (13/1/2020).

Perusahaan Abu Dhabi Akan Serap 1.500 Tenaga Kerja Jabar dan Bakal Buka Pusat Perbelanjaan

Dijanjikan Kerja di Restoran, 2 Gadis asal Kabupaten Bandung Dijual Jadi PSK di Pangkal Pinang

Menurutnya, serapan pekerja yang lebih dari 50 persen itu dinilai cukup positif, karena pencaker asal KBB bisa diterima masuk ke dunia kerja dan untuk kedepan, pihaknya akan mengupayakan penyerapan tenaga kerja yang maksimal.

"Walaupun untuk bisa nol persen tidak mungkin, karena setiap tahunnya lulusan dari sekolah selalu ada dan merupakan usia-usia produktif," katanya.

Namun, pihaknya akan membuka lapangan kerja baru dan penyerapan tenaga kerja yang lebih banyak dengan terus menggulirkan program Skill Develpoment Center (SDC) yang mencakup bidang industri, wirausaha baru, pemagangan dalam dan luar negeri, serta penyaluran migran (TKI).

Akhir Pekan Ini, 10 Perusahaan dari Shizuoka Jepang Gelar Bursa Kerja di Bandung

Ribuan Pencari Kerja Padati Bursa Kerja di Dome Bale Rame Soreang, Begini Kata Bupati Bandung

Selain itu, kata dia, Disnakertrans KBB juga sudah melakukan pelatihan wirausaha baru terintegrasi dengan buyer yang mencakup bidang pertanian, perikanan, peternakan, mekanisasi pertanian, processing.

Ia mengatakan, untuk mekanisme pelatihannya, yakni dengan sistem boarding, nonboarding, dan mobile training unit yang melibatkan total peserta sebanyak 1.417 orang.

"Sementara, buyer yang terlibat ada 10 perusahaan yang bergerak di bidang pertanian, retail, dan peternakan," kata Iing.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved