Sejumlah Jalan di KBB & Cimahi Rawan Kecelakaan Saat Musim Hujan, Pengendara Diimbau Terus Waspada

Sejumlah jalan di KBB dan Cimahi rawan kecelakaan saat musim hujan. Pengedara diimbau terus waspada.

Sejumlah Jalan di KBB & Cimahi Rawan Kecelakaan Saat Musim Hujan, Pengendara Diimbau Terus Waspada
Tribun Jabar/Muhamad Nandri Prilatama
Ilustrasi kecelakaan di Cikalongwetan. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Pengendara yang melintasi jalan protokol Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Kota Cimahi, khususnya pengendara motor diminta untuk meningkatkan kewaspadaan berkendara saat musim hujan.

Pasalnya saat musim hujan, jalanan di Cimahi dan KBB menjadi rawan kecelakaan lalu lintas.

Mayoritas kecelakaan dialami pengendara motor, baik kecelakaan tunggal maupun kecelakaan yang melibatkan kendaraan lain.

"Selama musim hujan kami lebih menekankan kepada masyarakat untuk melihat situasi di jalan dan meningkatkan etika berkendara serta harus lebih waspada," ujar Kanit Laka Lantas Polres Cimahi, Iptu Erin Heriduansyah, Minggu (12/1/2020).

Menurutnya, saat dan setelah turun hujan kerap membuat jalan raya licin dan banyak genangan air, apalagi ada lumpur dari tebing. Hal itu membuat rawan kecelakaan lalu lintas.

"Iya, saat musim hujan rawan kecelakaan, jadi saat berkendara kondisi jalan setelah hujan jangan disamakan dengan jalan yang kering," katanya.

Apalagi, kata Erin, saat musim hujan pengendara harus lebih berhati-hati ketika melintas di jalan yang rawan kecelakaan seperti di daerah Cikalongwetan KBB yang minim penerangan jalan.

Selain di Cikalongwetan, pengendara juga harus meningkatkan kewaspadaan di Jalan Kolonel Masturi yang memiliki kontur jalan yang curam dan turun yang cukup panjang.

"Intinya saat musim hujan, baik pengendara motor maupun mobil harus memperhatikan kecepatan dan situasi di jalan, terutama di jalan yang rawan kecelakaan," ucap Erin.

Untuk mengurangi besarnya potensi kecelakaan tersebut pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan KBB dan Kota Cimahi untuk menambah penerangan jalan umum (PJU).

Sementara untuk di jalan Kolonel Masturi yang memiliki turunan curam dan panjang, pihaknya akan menambah rambu-rambu lalu lintas agar mereka bisa lebih berhati-hati.

2 Motor Tabrakan Lalu Terbakar di Flyover Cimindi Cimahi, 1 Orang Tewas

Kata Polisi Kronologi Tabrakan 2 Motor Hingga Terbakar di Flyover Cimindi, Satu Orang Meninggal

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved