Tiga Hari Dua Kali Gempa Guncang Pangandaran, Getarannya Terasa hingga Ciamis

Gempa berkekuatan 4,5 SR berpusat di 87 km Barat Daya Pangandaran kedalaman 11 km

Tiga Hari Dua Kali Gempa Guncang Pangandaran, Getarannya Terasa hingga Ciamis
TRIBUNNEWS
Ilustrasi gempa bumi 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Gempa berkekuatan  4,5 SR berpusat di 87 km Barat Daya Pangandaran kedalaman 11 km (koordinat 8.17 LS – 107.91 BT) Sabtu (11/1) pukul 05.06 guncangannya tak hanya dirasakan di Pangandaran tetapi juga dirasakan di Ciamis.

“Tapi tidak terlalu kuat getaran. Waktu gempa tadi baru selesai subuh, siap –siap mau masak,” ujar Yanti (50) warga Kertasari, Ciamis, Sabtu (11/1/2020).

Namun getaran cukup kuat justru dirasakan oleh warga Desa Legokjawa, Cimerak, Pangandaran.

“Khawatir terjadi hal-hal yang tak diingin kami sekeluarga tadi pagi begitu terjadi langsung cepat-cepat keluar rumah. Sedikit panik, tetangga juga begitu,” ujar Arul (35), warga Dusun Sindangsari RT 01 RW 01 Desa Legokjawa Kecamatan Cimerak Pangandaran sewaktu dihubungi Tribun Sabtu (11/1/2020).

Ford Ranger Kembali Masuk Indonesia, Sudah Tersedia di Bandung

Waktu terjadi getaran gempa sekitar pukul 05.00 tersebut menurut Arul tak lama sesudah ia menunaikan salat subuh. “Tiba-tiba ada getaran gempa , makanya cepat-cepat keluar rumah,” katanya.

Warga sekitar rumahnya kata Arul memilih cepat- cepat  keluar rumah begitu terjadi gempa Sabtu (11/1/2020) subuh tersebut karena masih trauma kejadian gempa yang disertai tsunami yang melanda Pangandaran tahun 2006, Desa Legokjawa sebagai desa pantai termasuk yang porak poranda diterjang tsunami.

Sebelum guncangan gempa yang terjadi Sabtu (11/1/2020 pagi tersebut, Pangandaran dan Ciamis juga diguncang gempa pada Kamis (9/1/2020) sekitar pukul 05.00.

Terungkap, Begini Kondisi Terakhir Lina Jubaedah Mantan Istri Sule saat Ditemukan usai Salat Subuh

Gempa berkekuatan 4,8 magnitudo berpusat di 54 km Barat Daya Tasikmalaya tapi sama-sama di kedalaman 11 km. Gempa tersebut juga dirasakan sampai ke Pangandaran dan Ciamis.

Kedua gempa yang menguncang dalam tiga hari terakhir tersebut menurut Kepala Pelaksana Harian  BPBD Ciamis Drs HM Soekiman tidak sampai menimbulkan kerusakan di Ciamis

Penulis: Andri M Dani
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved