Mulai Hari Ini, Hujan Ekstrem Akan Landa Jawa Barat Termasuk Bandung Selama Satu Pekan

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan lebat disertai petir dan angin kencang ini akan terjadi hingga pekan depan.

Mulai Hari Ini, Hujan Ekstrem Akan Landa Jawa Barat Termasuk Bandung Selama Satu Pekan
Tribun Jabar/Ferdyan Adhy Nugraha
Hujan deras disertai petir terjadi saat laga Persebaya VS PSMP Mojokerto berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Selasa (21/11/2017). 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Hujan deras disertai petir dan angin kencang diprediksi mengguyur sejumlah wilayah di Jawa Barat, termasuk Kota Bandung, hari ini, Jumat (10/1/2020).

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan lebat disertai petir dan angin kencang ini akan terjadi hingga pekan depan.

Masyarakat pun diimbau untuk mewaspadai dampak yang terjadi akibat tingginya curah hujan tersebut.

Kepala Stasiun Geofisika Bandung BMKG, Tony Agus Wijaya, mengatakan, indikasi peningkatan cuaca ekstrem di wilayah Jabar dalam sepekan ke depan ini mereka lihat berdasarkan pantauan kondisi atmosfer secara umum, Kamis (9/1/2020).

Peningkatan cuaca ekstrem, kata Tony, terjadi karena berbagai faktor. Selain adanya tekanan udara di Jabar sekitar 1008-1010 hPa, sebab lainnya adalah adanya siklon tropis di Samudra Hindia Selatan dan Nusa Tenggara Timur, serta satu bibit siklon di Laut Arafura yang membentuk daerah pertumbuhan awan hujan.

Akibat pertemuan dan belokan angin yang melewati wilayah Jabar inilah terjadi peningkatan pasokan massa udara basah di Jabar. Di sisi lain, suhu muka laut di wilayah utara Jabar umumnya berkisar antara 30 sampai 31 derajat Celcius.

Pemukiman warga di Blok Kalen Tengah Lor Desa Sumuradem, Kecamatan Sukra, Kabupaten Indramayu terendam banjir setinggi 1 meter, Kamis (9/1/2020).
Pemukiman warga di Blok Kalen Tengah Lor Desa Sumuradem, Kecamatan Sukra, Kabupaten Indramayu terendam banjir setinggi 1 meter, Kamis (9/1/2020). (Tribun Cirebon/Handhika Rahman)

Cuaca Buruk, Direktur Polairud Imbau Nelayan Berhati-hati Saat Melaut

Cuaca Ekstrem Mulai Mengancam Kabupaten Cirebon, Bupati Minta SKPD Antisipasi Banjir

"Ini menandakan di sekitar wilayah perairan punya temperatur hangat sehingga mampu menambah pasokan uap air yang cukup tinggi untuk mendukung pembentukan awan hujan di Jabar," katanya melalui telepon seluler, Kamis (9/1).

Selain Bandung, wilayah yang juga berpotensi hujan lebat sampai sedang disertai angin kencang dan kilat pada 10 Januari adalah Garut, Tasikmalaya, Majalengka, Sumedang, dan Ciamis.

Pada 11 Januari, hujan deras, petir, dan angin kencang juga diperkirakan masih terjadi di Bandung dan sekitarnya, termasuk Garut, Sumedang, Ciamis, dan Majalengka, serta melebar ke wilayah Bogor, Sukabumi, Bekasi, Cianjur, Karawang, Purwakarta, Subang, Indramayu, Cirebon, dan Banjar.

Pada 12 Januari, hujan deras, petir, dan angin kencang diperkirakan hanya akan terjadi di Indramayu, Cirebon, Majalengka, Sumedang, dan Kuningan.

Halaman
123
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved