Tahun 2018 dan 2019, Kerugian Materi Akibat Lakalantas di KBB dan Cimahi Capai Ratusan Juta Rupiah

Kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) yang terjadi di Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Kota Cimahi sepanjang

Tahun 2018 dan 2019, Kerugian Materi Akibat Lakalantas di KBB dan Cimahi Capai Ratusan Juta Rupiah
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Kondisi mobil pikap yang ditumpangi korban meninggal dunia akibat kecelakaan di Persimpangan Cijamil, Desa Cilame, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Rabu (18/12/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) yang terjadi di Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Kota Cimahi sepanjang tahun 2018 dan tahun 2019 telah menyebabkan kerugian materi hingga ratusan juta rupiah.

Berdasarkan data Unit Laka Lantas Polres Cimahi, sepanjang tahun 2018, dari total kecelakaan sebanyak 480 kasus telah menyebabkan kerugian materi hingga Rp 921.5 juta. Sedangkan pada tahun 2019 dari total 484 kasus kecelakaan kerugian materi mencapai Rp 715 juta.

Kanit Laka Lantas Polres Cimahi, Iptu Erin Heriduansyah mengatakan kerugian tersebut dihitung berdasarkan kerusakan kendaraan baik motor maupun mobil yang mengalami kecelakaan dalam kurun waktu selama satu tahun.

"Itu kerugiannya materi dari pemilik kendaraan yang terlibat kecelakaan. Untuk kerusakannya mulai dari yang rusak ringan sedang hingga rusak berat," ujarnya saat ditemui di Mapolres Cimahi, Kamis (9/1/2020).

Tedy Mengaku Tidak Pernah Menjelekkan Mantan Istrinya, tapi Sule Malah Cerita Macam-macam

Selain kerugian materi, dari total 480 kecelakaan pada tahun 2018 juga telah menyebabkan 85 orang meninggal dunia, 10 orang luka berat dan sebanyak 540 orang mengalami luka ringan.

Sedangkan sepanjang tahun 2019, dari total 484 kasus kecelakaan juga telah menyebabkan sebanyak 87 orang meninggal dunia, 9 orang luka berat dan 534 orang mengalami luka ringan.

"Paling banyak itu terjadi daerah rawan kecelakaan terutama di Cikalongwetan dengan pengendara usia produktif dari mulai usia 20 hingga 35 tahun," kata Erin.

Ini Tips Bawa Motor Saat Hujan, Langsung dari Ahlinya

Untuk di wilayah hukum Polres Cimahi, selain di kawasan Cikalongwetan, jalur rawan kecelakaan itu yakni di Jalan Kolonel Masturi karena kondisi jalannya menurun dengan jarak yang cukup panjang.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved