Musim Hujan Bikin Harga Sayur Mayur di Ciamis Naik, Harga Jengkol Malah Naik Dua Kali Lipat

Memasuki musim hujan di awal tahun baru ini harga sejumlah sayur mayur di Pasar Manis Ciamis naik tajam.

Musim Hujan Bikin Harga Sayur Mayur di Ciamis Naik, Harga Jengkol Malah Naik Dua Kali Lipat
tribunjabar/andri m dani
Musim Hujan Bikin Harga Sayur Mayur di Ciamis Naik, Harga Jengkol Malah Naik Dua Kali Lipat 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Memasuki musim hujan di awal tahun baru ini harga sejumlah sayur mayur di Pasar Manis Ciamis naik tajam. Seperti harga cabai merah keriting dan cabai besar TW, cabai rawit, tomat, kentang besar, kol bahkan  harga jengkol juga naik tajam.

“Yang turun cuma harga kacang buncis , selebihnya harga sayur mayur lainnya  naik. Buncis waktu bulan maulud lalu sempat Rp 20.000/kg, kemudian  setelah maulud turun jadi Rp 15.000/kg. Dan sudah seminggu ini harga buncis hanya Rp 10.000/kg,” ujar Novi (40), pedagang sayur di Blok A Pasar Manis Ciamis kepada Tribun Kamis (9/1/2020).

Sementara harga cabai merah keriting tingkat eceran yang tiga hari lalu menurut Novi hanya Rp 50.000/kg naik jadi Rp 70.000/kg demikian juga harga cabai besar TW. Sedangkan harga cabai rawit sudah seminggu ini naik dari Rp 30.000/kg jadi Rp 50.000/kg.

Sebelum Umumkan Lewat Toa Masjid Telah Membunuh Ibu, Firman Ternyata Mandi Dulu

Dalam kurun waktu yang sama harga tomat naik dari Rp 6.000/kg jadi Rp 10.000/kg,  kentang besar Dieng naik dari Rp 12.000/kg jadi Rp 14.000/kg.

“Sayur kol juga naik dari Rp 5.000/kg jadi Rp 7.000/kg,”  ujar Yanti, yang juga pedagang sayur mayur yang kiosnya di Pasar Manis Ciamis tersebut bersebelahan dengan kios sayur Novi.

Sedangkan jengkol naik dua kali lipat lebih. “Seminggu lalu harga jengkol masih kisaran Rp 15.000/kg, sekarang sudah naik jadi Rp 35.000/kg. Naik dua kali lipat,” ujar Novi.

Menurut Novi ia mendapat pasokan jengkol dari Jepara. Tapi sejak musim hujan di awal tahun  baru ini pasokan jengkol dari Jepara mulai berkurang. “Mungkin karena musim panen jengkol sudah selesai. Atau karena terganggu oleh hujan,” katanya.

Tahun 2018 dan 2019, Kerugian Materi Akibat Lakalantas di KBB dan Cimahi Capai Ratusan Juta Rupiah

Kondisi serupa juga diungkapkan Yanti, selama seminggu ini pasokan sayur mayur mulai berkurang. “Mungkin di kebun petaninya ada gangguan panen, karena hujan jadi hasil panennya kurang bagus. Pengiriman juga berkurang terganggu oleh hujan,” ujar Yanti 

Penulis: Andri M Dani
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved