Jumlah Kecelakaan di KBB dan Cimahi Meningkat di Tahun 2019, Jumlah Korban Tewas Juga Meningkat

Jumlah kecelakaan di KBB dan Cimahi meningkat di tahun 2019. Jumlah korban tewas juga meningkat.

Jumlah Kecelakaan di KBB dan Cimahi Meningkat di Tahun 2019, Jumlah Korban Tewas Juga Meningkat
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Ilustrasi kecelakaan di KBB. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Pada tahun 2019 jumlah kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Kota Cimahi mengalami peningkatan, tapi jumlahnya tidak terlalu signifikan.

Berdasarkan data Unit Laka Lantas Polres Cimahi, sepanjang tahun 2018, terjadi kecelakaan sebanyak 480 dan telah menyebabkan 85 orang meninggal dunia, 10 orang luka berat, dan 540 orang mengalami luka ringan.

Sepanjang tahun 2019 terjadi 484 kasus kecelakaan dan telah menyebabkan sebanyak 87 orang meninggal dunia, 9 orang luka berat, dan 534 orang mengalami luka ringan.

"Memang pada tahun 2019 jumlah meningkat tapi tidak signifikan, peningkatannya hanya 4 kasus kecelakaan saja," ujar Kanit Laka Lantas Polres Cimahi, Iptu Erin Heriduansyah saat ditemui di Mapolres Cimahi, Kamis (9/1/2020).

Adanya peningakatan jumlah kecelakaan tersebut, karena masih banyaknya pengendara, terutama usia produktif dari usia 20 hingga 35 tahun yang kurang memperhatikan keselamatan saat berkendara.

Tak hanya itu, kata Erin, faktor tidak laik jalan baik kendaraan mobil maupun motor menjadi penyebab meningkatnya kecelakaan di wilayah hukum Polres Cimahi ini.

"Untuk kendaraan mobil yang tidak laik jalan kami sering tertibkan saat mengadakan pemeriksaan kelaikan kendaraan (ramp check) dengan petugas Dinas Perhubungan baik KBB maupun Kota Cimahi," kata Erin.

Pihaknya mengimbau para pengendara agar memperhatikan kondisi kendaraanya sebelum digunakan dan harus tetap memperhatikan keselamatan dan tidak melanggar lalu lintas.

"Ya, intinya seperti itu, semua pengendara mobil dan motor harus mematuhi peraturan berlalu lintas," ucapnya.

Teror Anjing Hutan di Gununghalu KBB, Warga Menyebutnya Ajag, Memangsa Hewan Peliharaan

Sebanyak 484 Kecelakaan Terjadi di KBB dan Cimahi Selama 2019, Banyak Pengendara Lalai

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved