Antisipasi Serangan Ajag Terhadap Hewan Ternak, Ini yang Dilakukan Warga Bunijaya KBB

Untuk antisipasi serangan ajag atau anjing hutan yang kerap menyerang hewan ternak, warga Desa Bunijaya, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat

Antisipasi Serangan Ajag Terhadap Hewan Ternak, Ini yang Dilakukan Warga Bunijaya KBB
istimewa
Kondisi kambing milik warga yang dimangsa ajag di Desa Bunijaya, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat (KBB). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUJABAR.ID, GUNUNGHALU - Untuk antisipasi serangan ajag atau anjing hutan yang kerap menyerang hewan ternak, warga Desa Bunijaya, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat (KBB) akan meningkatkan ronda setiap malam.

Pasalnya, hewan tersebut kerap muncul pada malam hari atau pada saat situasi sepi dan masuk ke kandang kambing untuk mencabik-cabik tubuhnya hingga tewas.

Tokoh Pemuda Desa Bunijaya, Gungun Sujatmika mengatakan, hingga saat ini warga yang memiliki ternak di Kampung Cihurang, Cadas, Legokbolang, dan Warungkupa masih merasa resah dengan adanya hewan ajag tersebut.

Teror Anjing Hutan di Gununghalu KBB, Warga Menyebutnya Ajag, Memangsa Hewan Peliharaan

"Kami juga ingin ada pemburu untuk menghentikan serangan ajag," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (9/1/2020).

Sebelumnya, warga setempat Ale Sulaeman (29) mengatakan, saat itu dia merasa kaget saat melihat satu ekor ternak domba miliknya ditemukan tewas di kandangnya dalam kondisi yang sangat mengenaskan.

"Terlihat makhluk itu menggigit dan menyeret ternak saya keluar dari kandangnya, hampir semua ternak di kampung saya dimangsa," ujarnya.

Setelah dicabik-cabik, terdapat luka bekas cakaran dan cabikan di perut domba tersebut, bahkan organ tubub dalam domba itu juga terlihat setelah kulitnya dicakar.

Padahal saat itu, kata dia, kandangnya sudah ditutup rapat, sehingga Ale juga tidak mengetahui secara pasti bagaimana ajag itu masuk ke dalam kandang ternak dombanya.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved