Persib Bandung

Teka-teki Indra Mustafa di Skuat Persib Bandung, 'Terjepit' di Antara Pemain Top

Indra Mustafa tak akan mudah mengamankan menit bermain di Persib Bandung karena bersaing dengan pemain-pemain berpengalaman

Teka-teki Indra Mustafa di Skuat Persib Bandung, 'Terjepit' di Antara Pemain Top
Tribun Jabar/Deni Denaswara
Indra Mustafa berduel dengan pemain PS Tira Persikabo. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Liga 1 2020 akan menjadi pertarungan berat bagi Indra Mustafa. Peluangnya bermain kian mengecil jika komposisi pemain bertahan Persib Bandung tak ada perubahan.

Sebelum ada keputusan final mengenai skuat yang akan dipakai untuk bertarung di musim baru, posisi center back Persib Bandung diisi lima pemain.

Dari Liga 1 2019, Persib Bandung sudah memiliki Nick Kuipers, Achmad Jufriyanto, dan Indra Mustafa. Untuk musim baru, Victor Igbonefo sudah dinyatakan sebagai pemain anyar.

Selain itu, tenaga Fabiano Beltrame yang sudah menjadi warga negara Indonesia sudah bisa dimanfaatkan sebagai pemain lokal.

Tentu tak akan mudah mengamankan menit bermain saat berada di antara pemain-pemain dengan jam terbang dan pengalaman jauh lebih tinggi itu.

"Kalau dari saya, dengan hadirnya lagi Victor enggak ada kecanggungan lagi. Tahun kemarin (2018) pun kami pernah sama‑sama di Persib. Ya, walaupun dibilang akan menjadi saingan, tahun ini jauh lebih ketat apalagi saingan‑saingan saya di posisi belakang bisa dibilang pemain top semua," ujar Indra, Senin (6/1/2020).

Striker Arema FC, Sylvano Comvalius berebut bola dengan bek Persib Bandung, Indra Mustafa dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Kabupaten Malang, Selasa (30/7/2019).
Striker Arema FC, Sylvano Comvalius berebut bola dengan bek Persib Bandung, Indra Mustafa dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Kabupaten Malang, Selasa (30/7/2019). (SURYA/HAYU YUDHA PRABOWO)

Belum Bermain, Fabiano Beltrame Dikabarkan Hengkang dari Persib Bandung, Susul 4 Pemain Lain?

Makan Konate Batal Bergabung Persebaya Surabaya, ke Mana Mantan Pemain Persib Itu Berlabuh?

Tahun 2018 merupakan musim pertama mantan pemain Persib U-19 ini promosi ke senior. Saat itu, pelatih Mario Gomez menjadikannya pelapis utama duet Victor Igbonefo dan Bojan Malisic.

Padahal, usianya masih 19 tahun. Selain itu juga ada M Al Amin Syukur Fisabillah yang lebih senior. Di putaran pertama bahkan ada Wildansyah yang tak asing dengan posisi bek tengah.

Sudah menjalani dua musim beruntun di tim Maung Bandung, kontrak kerja sama IndraMustafa dengan manajemen masih berlaku hingga 2021.

Artinya, Indra Mustafa bisa saja tetap berkostum Maung Bandung dalam dua musim lagi.

Semua kemungkinan bisa saja terjadi dalam beberapa hari ke depan. Manajemen akan segera menentukan siapa saja yang dipakai pelatih Robert Alberts untuk mengarungi Liga 1 2020.

Indra belum mau terbuka soal kemungkinan hengkang dari Persib Bandung. Pun demikian saat disinggung perihal tawaran dari tim lain untuk musim depan. "Kalau itu privasi, ya. Maaf banget," katanya.

Dia malah seakan berteka-teki tentang masa depannya di Persib Bandung. Dia tidak mengiyakan akan fokus bersama tim yang pernah mempromosikan namanya masuk tim nasional Indonesia U‑19 ini.

"Kita lihat saja nanti," ucapnya.

MENGECOH : Pemain Persib Bandung Fabiano Beltrame (tengah) berusaha mengecoh rekannya saat mengikuti latihan di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jumat (14/12). Pemain kembali menggelar latihan setelah menjalani pertandingan tandang lawan Borneo FC belum lama ini.
MENGECOH : Pemain Persib Bandung Fabiano Beltrame (tengah) berusaha mengecoh rekannya saat mengikuti latihan di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jumat (14/12). Pemain kembali menggelar latihan setelah menjalani pertandingan tandang lawan Borneo FC belum lama ini. (TRIBUN JABAR/DENI DENASWARA)

Mantan Pemain Persib Nova Arianto Jadi Asisten Pelatih Shin Tae-yong, Bersama Indra Sjafri

Bos Persib Bandung Akhirnya Akui Bidik Dua Pemain Brasil, Flavio Beck dan Wander Luiz?

Menit bermain

Menit main Indra Mustafa baru sampai di angka 1.120 dalam dua musim membela Persib Bandung. Dia bermain dalam 16 pertandingan.

Di Liga 1 2018, pemain 20 tahun ini tampil 10 laga yang enam di antaranya sebagai starter. Menit mainnya di angka 590.

Di Liga 1 2019, jumlah pertandingannya turun menjadi enam. Semuanya sejak menit pertama, dan dia cuma sekali diganti pemain lain. Menit mainnya juga turun menjadi 530.

Sebenarnya, Indra Mustafa berpeluang bermain lebih banyak tetapi pelatih Robert Alberts membuat formasi berbeda ketika Achmad Jufriyanto absen.

Juru taktik asal Belanda itu lebih memilih mengubah komposisi dengan menempatkan Supardi Nasir sebagai pendamping Nick Kuipers.

Posisi bek sayap kanan diberikan kepada Henhen Herdiana. Komposisi ini khususnya dilakukan di putaran kedua setelah Robert Alberts menganggap Indra Mustafa belum layak mengawal pertahanan Maung Bandung.

Robert dua kali memasang Indra Mustafa di putaran kedua. Saat tandang ke markas Borneo FC, Indra dipasangkan dengan Nick karena Jufriyanto dan Supardi absen.

Indra Musfata juga menjadi pilihan utama ketika menghadapi PSM Makassar di laga pamungkas karena Nick yang gantian absen. (nazmi abdurahman)

Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved