Jangan Lupa Jaga Kebersihan Saat Musim Hujan, Kalau Tidak Anda Bisa Terserang Penyakit Mematikan Ini

Kementerian Kesehatan mengingatkan untuk mewaspadai penyakit terkait pernafasan atau pencernaan yang dapat menggangu stamina tubuh dan kesehatan.

Jangan Lupa Jaga Kebersihan Saat Musim Hujan, Kalau Tidak Anda Bisa Terserang Penyakit Mematikan Ini
TRIBUNNEWS.COM/Bian Harnansa
Sejumlah warga dan kendaraan bermotor berusaha melewati genangan air di Jalan Raya Pos Pengumben, Jakarta Barat, Rabu (01012020). Hujan lebat berdurasi cukup lama sejak malam pergantian tahun hingga pagi hari, membuat sejumlah jalan raya dan perumahan warga di Jabotabek terendam banjir. 

TRIBUNJABAR.ID - Sejak awal tahun 2020 hujan hampir terjadi setiap hari dengan debit yang cukup tinggi bahkan hingga menyebabkan banjir di beberapa wilayah di Jabodetabek.

Saat musim hujan datang, Kementerian Kesehatan mengingatkan untuk mewaspadai penyakit terkait pernafasan atau pencernaan yang dapat menggangu stamina tubuh dan kesehatan.

Influenza

Penyakit influenza termasuk penyakit yang mudah terjadi saat pergantian cuaca dan juga mudah ditularkan ke orang lain.

Virus influenza ini bisa menular melalui mulut, hidung, ataupun tangan yang menyentuh benda yang tekontmiasi virus influenza.

Influenza bisa dicegah dengan olahraga dan istirahat yang cukup untuk meningkatkan daya tahan tubuh. 

Kemudian perbanyak konsumsi buah, sayur, dan terapkan perilaku bersih dengan cuci tangan dan memakai masker ketika terkena flu agar tidak menularkan ke orang lain.

Demam Berdarah

Nyamuk Aedes Aegypti, penyebab demam berdarah dengue.
Nyamuk Aedes Aegypti, penyebab demam berdarah dengue. (Shutterstock)

Demam berdarah termasuk penyakit langganan juga yang biasa muncul saat musim hujan tiba karena perkembangbiakan nyamuk aedes aegypti lebih meningkat.

 Penyakit yang khas dengan timbulnya bercak-bercak merah pada kulit yang diikuti juga dengan pusing dan demam ini bisa dicegah dengan mengurangi tempat nyamuk berkembangbiak.

 Lakukan pola 3M Plus yakni menguras bak mandi, menutup tempat air, dan memanfaatkan barang-barang  bekas serta melakukan Pembetantasan Sarang Nyamuk (PSN).

Halaman
12
Editor: Yongky Yulius
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved