Di Jabar Ada 176 Orang dan Badan Hukum yang Punya Izin Penangkaran Satwa

Alshad Ahmad, sepupu Raffi Ahmad memegang izin penangkaran satwa tidak dilindungi maupun dilindungi

Di Jabar Ada 176 Orang dan Badan Hukum yang Punya Izin Penangkaran Satwa
Tribunjabar/Ery Chandra
Alshad Ahmad saat berada di depan kandang harimau benggala, di kediamannya, Kota Bandung, Senin (6/1/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Alshad Ahmad, sepupu Raffi Ahmad memegang izin penangkaran satwa tidak dilindungi maupun dilindungi dari Kementerian Kehutanan RI. Penangkarannya berada di halaman rumah mewahnya di Jalan Kiputih, Ciumbuleuit Kota Bandung.

Data dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jabar menyebut, Alshad mengoleksi dua satwa dilindungi yakni Merak Hijau dan Binturong. Satwa lainnya tidak dilindungi yakni Harimau Benggala dan Merak Biru.

Permenhut tentang Izin Penangkaran Tumbuhan dan Satwa membolehkan setiap orang mengelola penangkaran dengan hewan satwa dilindungi maupun tidak dilindungi sebagai obyeknya. Penangkaran Alshad bernama PT Taman Satwa Eksotik, statusnya badan hukum.

Kepala Seksi Pemanfaatan dan Pelayanan Sumber Daya Alam BBKSDA Jabar, Sanggara Yudha mengatakan, pihaknya sudah mengeluarkan ratusan izin penangkaran satwa.

Tinjau Lokasi Banjir, Hengky Kurniawan Semakin Mesra dengan PDIP Setelah Mundur dari Demokrat

"Di Jabar total seluruhnya ada 176 penangkaran. Dikelola perorangan dan badan hukum," ujar Yudha di Kantor BBKSDA Jabar, Jalan Gedebage Kota Bandung, Senin (6/1/2020).

Tempat penangkaran itu dihuni oleh beragam satwa dan tumbuhan. Baik satwa dilindungi maupun tidak dilindungi.

"Mayoritas satwa yang dilindunginya jenis burung," ujar dia.

Permenhut tentang Penangkaran Tumbuhan dan Satwa Liar mengartikan penangkaran sebagai upaya memperbanyak melalui pengembangbiakan dan pembesaran dengan mempertahankan kemurnian jenisnya.

"Harus ada upaya pengindukan. ‎Semuanya terdata dan selalu laporan ke kami," ujar dia.

Ditangkap Kurang dari 24 Jam, Sebagian Pelaku Bentrokan Geng Motor Rupanya Masih Berstatus Pelajar

Ia mengatakan, Alshad semula mengoleksi satwa secara tidak sah alias secara individu. Pihaknya sempat dua kali menyita satwa di tempat Alshad. Yakni Benggala Putih usia 3 bulan dan Merak Hijau.

"Benggala putih bernama Jinora dititipkan di Bandung Zoo sedangkan Merak Hijau dititipkan di‎ Taman Safari Indonesia. Alshad asalnya secara individu kemudian menaikan jadi badan hukum untuk jadi tempat penangkaran bernama PT Taman Satwa Eksotik," ujar Yudha.

Penulis: Mega Nugraha
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved