Breaking News:

Ada Hulk di Tanggul Sungai Cimanuk Desa Pilangsari Indramayu, Dulu Jebol Kini Sudah Kuat

Ada gambar satu tokoh pahlawan fiksi pada Marvel Comisc, Hulk terlukis pada dinding tanggul Sungai Cimanuk

Penulis: Handhika Rahman | Editor: Ichsan
tribunjabar/handika rahman
Gambar Hulk pada dinding tanggul Sungai Cimanuk di Desa Pilangsari, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu, Minggu (5/1/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Handhika Rahman

TRIBUNJABAR.ID, INDRAMAYU - Ada gambar satu tokoh pahlawan fiksi pada Marvel Comisc, Hulk terlukis pada dinding tanggul Sungai Cimanuk di Desa Pilangsari, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu.

Tokoh fiksi yang identik dengan warna hijau dan bertubuh besar serta kekar itu menjadi salah satu ikon yang menghiasi tanggul Sungai Cimanuk yang dahulu pernah jebol pada tahun 2015 lalu.

Ketua Karangtaruna Mekarsari Desa Pilangsari, Sakam (34) mengatakan, gambar mural pada tanggul Sungai Cimanuk ini sengaja dilukis dengan maksud memberi pesan lewat gambar kepada masyarakat.

"Gambar Hulk ini menandakan tanggul Sungai Cimanuk sekarang sudah kuat," ujar dia kepada Tribuncirebon.com, Minggu (5/1/2020).

UPDATE di Rumah Duka Mendiang Mantan Istri Sule, Doa Bersama dan Baca Surat Yasin

Ada sepanjang 150 meter panjang dinding tanggul Sungai Cimanuk di Desa Pilangsari, tanggul itu berbatasan langsung dengan pemukiman warga.

Rencananya, pada dinding-dinding tanggul Sungai Cimanuk ini akan digambar beragam lukisan mural sebagai penghias.

Lukisan mural ini akan disisipkan pula beragam pesan kepada masyarakat, mulai dari tragedi bencana tanggul jebol, sejarah, agama, maupun budaya.

"Saya akan lukis semua sepanjang tanggul sampai ke Blok Kempluk Desa Pilangsari, insya Allah. Ini juga baru segini karena catnya ini juga dari donatur," ujar dia.

Motif Pungli DAK Disdik Kabupaten Bandung, Kepsek Penerima DAK Harus Setor

Sakam menyampaikan, dipercantiknya tanggul Sungai Cimanuk selain untuk memperindah lingkungan sekaligus sebagai upaya mengkampanyekan masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungannya sendiri.

Menurut Sakam, masyarakat akan merasa memiliki dan terdorong menjaga keasrian lingkungan jika lingkungan sekitarnya tampak cantik dan indah..

Dalam hal ini, dirinya ingin masyarakat sekitar untuk dapat merawat dan menjaga tanggul sehingga tragedi bencana banjir yang menenggelamkan ribuan rumah dengan ketinggian air mencapai 2-3 meter pada tahun 2015 lalu itu tidak lagi terulang.

"Harapannya dengan kegiatan melukis ini tentu untuk memperindah dan mengajak masyarakat untuk lebih peduli lingkungan," ujarnya.

Banjir di Jabodetabek Membuat Harga Ayam Broiler di Tingkat Peternak di Tasikmalaya Anjlok

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved