UPDATE soal Pemekaran Garsel, Ini Sikap Terbaru Anggota DPRD Garut di Awal Tahun 2020

DPRD Kabupaten Garut menyetujui pembentukan daerah persiapan untuk pembentukan daerah otonomi baru (DOB) Garut Selatan.

UPDATE soal Pemekaran Garsel, Ini Sikap Terbaru Anggota DPRD Garut di Awal Tahun 2020
Tribun Jabar/Firman Wijaksana
Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman memberikan sambutan saat menghadiri Gebyar Masyarakat Garut Selatan di Lapangan Kiarakohok, Desa Pamalayan, Kecamatan Cikelet, Minggu (15/9/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Wijaksana

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - DPRD Kabupaten Garut menyetujui pembentukan daerah persiapan untuk pembentukan daerah otonomi baru (DOB) Garut Selatan. Sebanyak 15 kecamatan masuk dalam wilayah pemekaran dari 16 kecamatan yang direncanakan.

"Kami sudah menyetujui pembentukan daerah persiapan itu pada sidang paripurna akhir Desember kemarin," ujar Wakil Ketua DPRD Garut, Enan kepada wartawan di kantornya, Jumat (3/1/2020).

Menurutnya, sidang paripurna yang membahas daerah persiapan ini jadi bagian penting dalam persiapan DOB Garut Selatan. Jika pemerintah pusat membuka keran DOB, maka Garut Selatan sudah siap untuk dimekarkan.

Kawasan Masjid Al Jabar di Jalan Lintas Selatan, Kecamatan Mekarmukti, Kabupaten Garut direncanakan menjadi ibukota Garut Selatan.
Kawasan Masjid Al Jabar di Jalan Lintas Selatan, Kecamatan Mekarmukti, Kabupaten Garut direncanakan menjadi ibukota Garut Selatan. (Tribun Jabar/Firman Wijaksana)

Jelang Pemekaran Garut Selatan, Pendopo & Rumah Sakit Akan Dibangun, Jalan Menuju Maroko Diperbaiki

Bosan Demo, Warga Garut Selatan Gelar Gebyar Dukung Pemekaran

"Jadi pas pencabutan moratorium dilakukan, tinggal running saja. Sebab seluruhnya sudah disiapkan di daerah," katanya.

Dari hasil pembahasan, tuturnya, wilayah Garut Selatan yang sebelumnya terdiri dari 16 kecamatan berkurang jumlahnya. Hasil pembaruan data, hanya 15 kecamatan yang terdiri atas 129 Desa yang masuk wilayah Garut Selatan.

"Kecamatan Cikajang menolak bergabung. Dari sembilan desa yang ada, hanya tiga desa setuju gabung. Jadi diputuskan Cikajang tidak bergabung," ucapnya.

Untuk 15 Kecamatan yang akan bergabung dengan daerah baru yakni, Kecamatan Banjarwangi, Bungbulang, Caringin, Cibalong, Cihurip, Cikelet, Cisewu, Cisompet, Mekarmukti, Pakenjeng, Pamulihan, Pamengpeuk, Pendeuy, Singajaya, dan Talegong.

Enan menerangkan, setelah proses persiapan pembentukan tingkat kabupaten rampung, dilanjutkan pembahasan tingkat provinsi. Termasuk pengesahan dalam sidang paripurna tingkat provinsi.

”Ada ranah yang menjadi kewenangan provinsi seperti jumlah penduduk. Kalau di daerah sudah lengkap semuanya,” ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Firman Wijaksana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved