Mulai Tahun Ini Daftar Nikah di Ciamis Bisa Via Online tapi Akad Nikahnya Tetap Manual

Guna memudahkan pasangan calon pengantin untuk mendaftarkan pernikahannya, Kantor Kemenag Ciamis

Mulai Tahun Ini Daftar Nikah di Ciamis Bisa Via Online tapi Akad Nikahnya Tetap Manual
tribunjabar/andri m dani
Kepala Kemenag Ciamis KH Drs Agus Abdul Kholik 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS - Guna memudahkan pasangan calon pengantin untuk mendaftarkan pernikahannya,  Kantor Kemenag Ciamis meluncurkan aplikasi berbasis WA.

Lewat aplikasi tersebut warga bisa menikah secara online. Launching aplikasi pendaftaran nikah online itu berlangsung pada upacara Hari Amal Bakti (HAB ) ke-74 Kemenag di Lapangan Taman Lokasana Ciamis, Jumat (3/1/2020).

“Hari ini kami meluncurkan pendaftaran nikah secara online. Ini semuanya untuk memudahkan warga. Melalui aplikasi tersebut warga yang mau menikah cukup mendaftar secara online. Warga yang mau menikah. Untuk mendaftarkan rencana pernikahan mereka tak perlu datang ke KUA, cukup via online  ,” ujar Kepala Kantor Kemenag Ciamis KH Drs Agus Abdul Kholik kepada wartawan seusai upacara Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag di Lapangan Taman Lokasana Ciamis, Jumat (3/1/2020) siang.

Namun dari 26 Kantor Urusan Agama (KUA) yang ada di Kabupaten Ciamis, menurut KH Agus Abdul Kholik, baru lima KUA yang menjadi pilot project percontohan penerapan pendaftaran nikah secara online. Yakni KUA  Banjarsari, Purwodadi, Rancah, Cisaga dan KUA Ciamis.

Titik Terburuk Medina Zein Jadi Pengusaha, Ditipu Karyawan Rp 11 M, 3 Hari Cari Uang Buat Ganti Rugi

“Untuk awal tahun ini baru di lima KUA. Semester kedua nanti, seluruh KUA di Ciamis sudah menerapkan pendaftaran online tersebut,” katanya.

Penerapan pendaftaran nikah secara online ini katanya untuk tingkat Jawa Barat baru Ciamis yang memulai.

“Pendaftaran nikah secara online ini untuk di Jabar baru Ciamis yang sudah memulai. Ini untuk pertama kalinya di Jabar. Kami sudah studi banding ke KUA Denpasar Barat yang sudah lebih dulu menerapkan pendaftaran nikah secara online. Sekarang di Ciamis tidak hanya pendaftaran perceraian saja yang dilakukan secara online, pendaftaran nikah kini juga sudah bisa online,” ujar KH Abdul Kholik.

Meski pendaftaran secara online, untuk melengkapi persyaratan nikah maupun persyaratan nikah tetap di lakukan secara manual dengan datang ke KUA. Termasuk proses akad nikahnya tetap secara manual.

Komentar Victor Igbonefo Usai Resmi Balik ke Persib Bandung, Tak Sabar Berjumpa Bobotoh

“Prosesi akad nikahnya nikahnya tetap secara manual, tidak melalui online. Bisa datang langsung ke KUA atau diluar kantor KUA, di rumah sendiri atau di gedung,” jelasnya.

Bila akad nikahnya dilangsungkan di kantor KUA, tidak dipungut biaya alias gratis. Tapi bila akad nikahnya dilangsungkan di luar kantor KUA kata KH Agus Abdul Kholik biaya sebesar Rp 600.000

Penulis: Andri M Dani
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved