Kabar Baik, Pengantin Baru di Purwakarta Kini Bisa Miliki Kartu Nikah

Kartu nikah yang bentuknya seperti kartu tanda penduduk (KTP) telah mulai berlaku dan prosesnya sentralistik

Kabar Baik, Pengantin Baru di Purwakarta Kini Bisa Miliki Kartu Nikah
Tribun Jabar/ Muhamad Nandri Prilatama
Kepala Kemenag Purwakarta, Tedi Ahmad Junaedi 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Pengantin baru di wilayah Kabupaten Purwakarta saat ini sudah bisa memiliki kartu nikah yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama Kabupaten Purwakarta.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Kemenag Purwakarta, Tedi Ahmad Junaedi.

Menurutnya, kartu nikah yang bentuknya seperti kartu tanda penduduk (KTP) telah mulai berlaku dan prosesnya sentralistik, sebab peralatan-peralatannya belum menyentuk ke Kantor Urusan Agama (KUA).

"Setiap pasangan yang sudah menikah itu nanti berkasnya dibawa ke Kemenag dan akan dicetak di sini," ujarnya, Jumat (3/1/2020) di Kantor Kemenag Purwakarta.

Berlakunya kartu nikah ini, lanjut Tedi, hanya berlaku terhadap pengantin yang baru, sedangkan pengantin yang lama tak perlu membuat kartu nikah.

"Ya karena keterbatasan logistik dan tak berlaku untuk yang lama," katanya.

Hewan Peliharaan Pun Terjebak Banjir, Ini Info Layanan Perawatan dan Evakuasi Hewan

Ketika disinggung keuntungan dari adanya kartu nikah, Tedi menyebut kartu nikah dapat bermanfaat ketika mereka (pasangan) melakukan wisata misal menginap bisa menunjukkan kartu nikah tersebut.

"Nanti bisa tahu apakah mereka pasutri sah atau bukan. Dan nantinya kartu nikah pun bakal terintegrasi untuk pembuatan paspor dan lainnya," ucap dia.

Dituduh Lakukan Penipuan, Rumah Zaenal Dibakar Massa

Tak hanya kartu nikah, Tedi juga menjelaskan kepada para pasangan yang hendak melangsungkan pernikahan perlu memiliki sertifikat nikah, dengan terlebih dahulu melakukan kursus atau bimbingan pranikah selama 2 minggu.

"Untuk mendapatkan kelayakan menikah harus ada proses bimbingan perkawinan termasuk di dalamnya soal kesehatan. Sertifikat nikah ini pun bukan eksekusi boleh atau tidak boleh menikah," ujarnya seraya menegaskan sertifikat nikah hingga saat ini dalam tahap proses belum wajib.

Hewan Peliharaan Pun Terjebak Banjir, Ini Info Layanan Perawatan dan Evakuasi Hewan

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved