Berulang Kali Gagal Bangun Usaha, Nurman Akhirnya Sukses Bisnis Sepatu dari Kulit Kaki Ayam

Tidak mudah bagi Nurman Farieka Ramdhany (24) untuk membangun usaha sepatu brand Hirka yang saat ini

Berulang Kali Gagal Bangun Usaha, Nurman Akhirnya Sukses Bisnis Sepatu dari Kulit Kaki Ayam
Tribunjabar/Putri Puspita Nilawati
Berulang Kali Gagal Bangun Usaha, Nurman Akhirnya Sukses Bisnis Sepatu 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Putri Puspita

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Tidak mudah bagi Nurman Farieka Ramdhany (24) untuk membangun usaha sepatu brand Hirka yang saat ini sudah dikenal di Indonesia maupun luar negeri.

Sebelum memulai usaha sepatunya bisa dikenal seperti sekarang, Nurman telah mencoba berbagai usaha lainnya untuk menambah uang jajan.

Kepada Tribun Jabar, Nurman menceritakan ia sempat berhenti kuliah karena merasa tidak cocok dengan sistem pendidikan kuliah di dalam kelas.

Orang tuanya sempat marah kepadanya karena Nurman tidak mau melanjutkan kuliahnya. Bahkan karena kesal, sejak berhenti kuliah, uang jajan Nurman dari sang orang tua pun diputus.

"Untuk mendapatkan uang jajan lebih, saya sempat menjual gelang couple dan itu usaha saya yang paling laris. Dalam satu tahun, saya mencoba 4 usaha berbeda dan selalu gagal," ujarnya sambil tertawa saat ditemui di Rupa Rupi Handicrfat, Jalan Ahmad Yani, Padasuka, Kamis (2/12/2020).

BNN Jabar Gagalkan Peredaran 1 Kg Sabu-sabu, Buat Pesta Malam Tahun Baru di Cianjur

Tidak punya modal untuk memutar uang dalam membangun usaha barunya, Nurman hanya mengandalkan tangan dan kakinya.

"Saya down karena bangkrut terus, semua proses itu saya jalani dan kegagalan menjadi hal yang biasa bagi saya. Saya juga jualin barang sendiri supaya punya uang," ujarnya.

Perjalanan usahanya mulai berjalan ketika Ia mendapatkan hadiah dompet dari temannya. Lalu Nurman menjualnya untuk kebutuhannya seharga Rp 150.000.

Dari uang tersebut, ia membeli kulit limbah sisa seharga Rp 50.000 untuk membuat aksesoris, dompet, dan tas berbahan dasar kulit.

Halaman
123
Penulis: Putri Puspita Nilawati
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved