Banjir di Bandung Barat

Ini 3 Desa di KBB yang Paling Parah Terdampak Banjir Bandang Pada Saat Menjelang Pergantian Tahun

BPBD Kabupaten Bandung Barat (KBB) mencatat ada tiga desa yang paling parah terdampak bencana banjir bandang pada saat menjelang pergantian tahun.

Ini 3 Desa di KBB yang Paling Parah Terdampak Banjir Bandang Pada Saat Menjelang Pergantian Tahun
tribunjabar/hilman kamaludin
BPBD KBB dan warga saat membuat tanggul sementara. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, NGAMPRAH - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat (KBB) mencatat ada tiga desa yang paling parah terdampak bencana banjir bandang pada saat menjelang pergantian tahun.

Beradasarkan data BPBD, KBB ketiganya yakni Desa Mekarsari, Kecamatan Ngamprah tepatnya di Kampung Lebaksari RT 01/02. Ada 85 Kepala Keluarga (KK) dengan 367 jiwa yang terdampak banjir akibat intensitas hujan tinggi dan tersumbatnya drainase.

Selain itu, ada Underpass Padalarang juga ikut terendam. Kemudian Desa Margajaya, Kecamatan Ngamprah tepatnya di Perumahan Cimareme Indah dan Kampung Caringin Babakan RT 04/03.

Dikepung Bencana, BPBD Kabupaten Bandung Barat Tetapkan Status Tanggap Siaga Bencana Selama 7 Hari

Banjir bandang yang disebabkan intensitas hujan tinggi dan jebolnya tanggul itu mengakibatkan 67 KK dengan 230 jiwa Mengungsi. Selain itu juga merusak peralatan rumah tangga terendam banjir dan lumpur, 1 Kendaraan roda 4 rusak serta 5 kendaraan roda 2 rusak.

Terakhir adalah di Desa Cipeundeuy Kecamatan Ngamprah, tepatnya di Kampung Pajagalan RT 05/02. Bencana alam yang disebabkan intensitas hujan tinggi dan jebolnya 2 titik tembok sepanjang 30 meter itu berdampak terhadap 77 KK (rumah) yang dihuni 300 jiwa.

"Yang terparah di Kampung Lebaksari, kemudian Kampung Pajagalan sama Cimareme," ujar Kepala Pelaksana BPBD KBB Duddy Prabowo di Ngamprah, Kamis (2/1/2020).

Ia mengatakan, seluruh personel BPBD KBB sudah dikerahkan untuk melakukan penanggulangan bencana di wilayah-wilayah tersebut.

"Selain itu, kita juga dibantu relawan, seperti dari PMI, Baznas dan sebagainya," ucapnya.

Dampak Banjir Bandang di KBB, Warga Perumahan Cimareme Indah Terserang Sejumlah Penyakit

Namun, pihaknya sejauh ini belum merinci jumlah kebutuhan anggaran bagi para korban banjir tersebut.

"Tetapi yang diprioritaskan yakni kebutuhan dasar seperti kebutuhan untuk pengungsi," kata Duddy.

Berdasarkan data BPBD KBB, banjir bandang menerjang Kecamatan Padalarang dan Kecamatan Ngamprah. Dari dua kecamatan tersebut, sedikitnya ada 7 desa yang terdampak banjir bandang dan satu desa di terjang longsor.

Di Kecamatan Ngamprah, banjir bandang menerjang sejumlah titik yakni di Desa Mekarsari, Cilame, Cimareme, Margajaya dan Desa Gado Bangkong di terjang longsor. Sedangkan di Kecamatan Padalarang, banjir menerjang, Desa Kertamulya, Cipeundeuy, dan Kertajaya.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved