Jakarta Dikepung Banjir

Banjir Jakarta, Jadwal Keberangkatan Bus Terminal Leuwipanjang Terganggu, Penumpang Menunggu Lama

Dampak adanya banjir, mempengaruhi pada rutinitas jadwal keberangkatan dan kedatangan sejumlah armada bus dari dan menuju Terminal Leuwi Panjang.

Tribunjabar/Cipta Permana
Sejumlah penumpang akan menaiki bus dengan beragam rute trayek menuju arah Barat atau Jabodetabek di Terminal Leuwi Panjang. Kamis (2/1/2020) / cipta permana. 

Banjir Jakarta, Jadwal Keberangkatan dan Datang Bus Terminal Leuwipanjang Terganggu, Penumpang Menunggu Lama

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Dampak banjir yang melanda wilayah Jakarta atau lebih luasnya Jabodetabek sejak kemarin (1/1/2020), menyebabkan jadwal keberangkatan dan kedatangan penumpang di Terminal Leuwi Panjang, tidak tepat waktu atau terlambat.

Hal ini pun turut dikeluhkan oleh para penyedia layanan transportasi bus di terminal yang melayani rute pemberangkatan antar kota antar provinsi (AKAP) dan antar kota dalam provinsi (AKDP).

Salah seorang pengurus P.O bus MGI, Abas Mulyana mengaku, dampak adanya banjir, mempengaruhi pada rutinitas jadwal keberangkatan dan kedatangan sejumlah armada bus dari dan menuju Terminal Leuwi Panjang.

Hotman Paris Sempat Cemas Mobil Mewahnya Kebanjiran, Kini Posting Video Kondisi Dekat Rumahnya

Akibatnya, para penumpang pun terpaksa menunggu lebih lama dari waktu yang telah ditetapkan.

Menurutnya, dampak banjir paling parah dirasakan pada Rabu (1/1/2020). Dimana bus rute Bekasi - Bandung yang berangkat pukul 00.00 WIB sampai pukul 05.00 WIB masih berada di wilayah Bekasi.

"Hari ini (2/1/2020) berdasarkan informasi yang saya dapat, katanya arus lalu lintas dari Jakarta ke Bandung sudah mulai lancar, tapi dari Bandung ke Jakarta yang justru macet sampai daerah Karawang, karena akses Tol Cipularang dari KM 136 di tutup, maka perjalanan diarahkan ke Jonggol lewat Cianjur, tapi barusan katanya arah Jonggol sekarang sedang macet karena ada kecelakaan, jadi kemungkinan bisa lebih lama lagi," ujarnya saat ditemui di Terminal Leuwi Panjang. Kamis (2/1/2019).

Disinggung terkait adanya potensi penurunan jumlah penumpang dari Bandung menuju wilayah Jabodetabek, karena adanya banjir.

Abas menjelaskan, hal tersebut memang terjadi. Menurutnya, bus MGI jurusan Bandung - Bogor maupun Bandung - Depok sejak pagi tadi tidak pernah terisi penuh, bahkan nyaris kosong di tiap pemberangkatannya.

Ular Bisa Muncul di Tengah Banjir, Begini Cara Mengatasinya Saat Kebanjiran,Apalagi Jika Masuk Rumah

Namun hal berbeda, dengan kondisi dari bus MGI jurusan Bandung - Sukabumi, karena adanya keterlambatan kedatangan armada sekitar lima hingga enam jam, sehingga menyebabkan terjadinya penumpukan penumpang di Terminal Leuwi Panjang.

"Keterlambatan bus jurusan Sukabumi - Bandung disebabkan karena saat ini arus lalu lintas diarahkan ke Jonggol, jadi di sana pasti makin padat kendaraan," ucapnya.

Banjir di Jabodetabek Bikin Keberangkatan dan Kedatangan Bus di Terminal Leuwipanjang Terganggu

Meski, pengaruh dampak banjir cukup besar namun menurutnya, sejauh ini pihaknya belum akan mengurangi jumlah keberangkatan dari total 60 armada yang beroperasi ke arah Depok dan Cileungsi (Bogor) setiap harinya.

"Belum, kami belum berencana mengurangi jumlah keberangkatan, meskipun penumpang cuma sedikit, tapi kami akan tetap melayani," katanya (cipta permana).

Penulis: Cipta Permana
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved