Tahun Baru 2020

Tahun Baru di Purwakarta Capai 6 Mobil Sampah, Ini Kata DLH Purwakarta

Dampak dari banyaknya warga yang merayakan tahun baru menyebabkan sampah pun menjadi menumpuk pascapergantian tahun akibat sisa-sisa bungkus makanan

Tahun Baru di Purwakarta Capai 6 Mobil Sampah, Ini Kata DLH Purwakarta
Tribun Jabar/Muhamad Nandri Prilatama
Tahun Baru di Purwakarta Capai 6 Mobil Sampah, Ini Kata DLH Purwakarta 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Malam perayaan pergantian tahun baru 2020 di Purwakarta sedikit berkurang kesannya karena hujan terus mengguyur wilayah Purwakarta hingga menjelang pukul 00.00 wib.

Sejumlah keramaian masyarakat pun tumpah ruah di pusat perkotaan Purwakarta, seperti di Taman Air Mancur Sri Baduga, Lapangan Sahate, Jalan Sudirman, hingga ada di Tajug Gede Cilodong.

Namun, dampak dari banyaknya warga ini menyebabkan sampah pun menjadi menumpuk pascapergantian tahun akibat sisa-sisa bungkus makanan, seperti sampah minuman kemasan, sampah kertas, hingga sampah plastik.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Purwakarta, Deden Guntari mengungkapkan sampah yang dihasilkan selama malam pergantian tahun berhasil dikumpulkan sebanyak 6 mobil angkutan sampah.

"Untuk tonase-nya saya masih belum tahu karena belum didata. Yang jelas saya tahunya diangkut oleh 6 unit mobil sampah," ujarnya saat dihubungi Tribun Jabar melalui sambungan telepon, Rabu (1/1/2020).

Sampah-sampah tersebut, dijelaskan Deden, didapatkan semuanya di pusat kota, seperti Kecamatan Purwakarta Kota, lokasi street food (Jalan Singawinata), Taman Air Mancur Situ Buleud, Pasar Rebo, dan Sindangkasih.

"Mayoritas itu sampah plastik yang diangkut. Jumlah sampah tahun baru 2020 ini lebih sedikit dibanding 2019, karena memang kondisi cuaca yang hujan sehingga orang keluarnya pukul 22.00 wib," ucap dia.

Dalam menangani sampah yang ada di pusat kota Purwakarta ini, Deden mengerahkan 65 orang penyapu jalan untuk bertugas membersihkan sampah-sampah yang berserakan di titik-titik keramaian.

"65 orang penyapu jalan dan kalau ditotal dengan sopir sampahnya sebanyak 80 orang pegawai kebersihan. Mereka tadi bekerja sampai pukul 05.00 wib," katanya. (*)

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved