Inisiatif Digital Jawa Barat Raih Penghargaan Internasional Sepanjang 2019

Jawa Barat dibawah kepemimpinan Gubernur Ridwan Kamil memiliki visi untuk menjadi Provinsi Digital.

Inisiatif Digital Jawa Barat Raih Penghargaan Internasional Sepanjang 2019
Istimewa
Inisiatif Digital Jawa Barat Raih Penghargaan Internasional Sepanjang 2019 

TRBUNJABAR.ID, BANDUNG - Jawa Barat dibawah kepemimpinan Gubernur Ridwan Kamil memiliki visi untuk menjadi Provinsi Digital.

Berbagai inisiatif untuk memanfaatkan inovasi teknologi dalam pembangunan daerah telah dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat (Diskominfo Jabar) melalui unit pelaksana teknis daerah Jabar Digital Service (JDS), termasuk upaya membuat manfaat teknologi menjadi lebih inklusif program seperti Desa Digital.

Inisiatif-inisiatif digital yang diupayakan Jawa Barat ini diakui secara internasional dengan dianugerahkannya berbagai penghargaan kepada Jawa Barat oleh berbagai entitas internasional.

Penghargaan pertama yang diraih adalah “DX Leader” yang diberikan oleh perusahaan konsultasi data dan teknologi informasi, IDC, pada gelar IDC Digital Transformation Awards kepada Gubernur Ridwan Kamil.

Penghargaan ini diberikan pada 12 September 2019 atas inisiatif Ridwan Kamil dalam membawa perubahan positif di daerahnya melalui transformasi digital.

Jawa Barat juga mendapatkan penghargaan dari GovInsider Innovation Awards 2019. Dianugerahkan di Markas PBB di Bangkok pada 16 Oktober 2019, Gubernur Ridwan Kamil dan Kepala Diskominfo Jabar Setiaji menerima 3 penghargaan sekaligus atas inisiatif digital Jawa Barat. Ridwan Kamil meraih penghargaan “Inspirational Leader Award” atas terobosan-terobosan inovatif dan pemikirannya yang maju untuk pembangunan daerah. Jabar Digital Service juga mendapatkan penghargaan “Best Team Under 35” karena telah menjadi tim teknokrat muda yang membantu memperbaiki tata kelola dan layanan publik yang lebih baik melalui penerapan teknologi.

 Lalu, program Desa Digital juga dianugerahi penghargaan “Best Adaptation” di GovInsider Innovation Awards karena upayanya mempersempit kesenjangan digital rural-urban dan kemampuan untuk menjadi fleksibel di tengah-tengah tantangan dalam implementasinya. Program Desa Digital sebelumnya juga telah membawa penghargaan “Recognition of Excellence” untuk Gubernur Ridwan Kamil dari Indonesia OpenGov Leadership forum 2019.

 Implementasi program Desa Digital telah membantu 196 desa yang sebelumnya tidak memiliki internet, berstatus online dengan diinstalnya unit Very Small Aperture Terminal (VSAT). Desa Digital juga memberikan pelatihan literasi digital untuk memastikan warga mahir dalam menggunakan internet untuk promosi produk lokal dan destinasi pariwisata dan implementasi teknologi mutakhir untuk mengoptimalisasi potensi dan mata pencaharian desa, misalnya dengan teknologi Internet of Things (IoT). Berkat program Desa Digital, lebih dari 400 peternak ikan di Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Bogor sudah mulai menerapkan teknologi IoT untuk meningkatkan produktivitas perikanan mereka.

Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved