Sekretaris Kabinet Pramono Anung Sebut Jokowi akan Terbitkan 3 Perpres Soal KPK

Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyebutkan, Presiden Joko Widodo akan segera menerbitkan tiga peraturan presiden (perpres) tentang Komisi Pemberanta

Sekretaris Kabinet Pramono Anung Sebut Jokowi akan Terbitkan 3 Perpres Soal KPK
KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO
Sekretaris Kabinet, Pramono Anung sebelum pelantikan menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Presiden RI Joko Widodo mengumumkan dan melantik Menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju serta pejabat setingkat menteri. 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyebutkan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan segera menerbitkan tiga peraturan presiden (perpres) tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Tiga perpres itu terkait dewan pengawas KPK, organisasi KPK, dan perubahan status pegawai KPK menjadi aparatur sipil negara (ASN).

Menurut Pramono, perpres ini dirancang karena menyesuaikan Undang-Undang KPK yang baru.

Pramono memastikan tiga perpres itu tak akan bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK.

"Apa pun yang dilakukan tidak mungkin bertentangan dengan undang-undang itu, pengaturan dalam perpres," kata Pramono di Kompleks Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (27/12/2019).

Libur Natal dan Tahun Baru, Okupansi Hotel Santika Cirebon Capai 100 Persen

Ibu Ini Nyaris Diamuk Pedagang Pasar di Gowa Gara-gara Gunakan Uang Palsu

Politisi PDIP itu mengklaim pemerintah juga tak memiliki niat untuk melemahkan KPK. Menurut dia, pemerintah sangat diuntungkan jika lembaga antirasuah tersebut tetap kuat untuk memberantas korupsi.

"Karena pemerintahan Presiden Jokowi ini betul-betul menginginkan, mengharapkan bisa bekerja dengan baik, tapi juga persoalan penegakan terhadap antikorupsi itu tercerminkan," ujar Pramono Anung.

Pramono mengatakan, ketiga perpres itu masih dalam tahap penyelesaian.

Menurut dia, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo sudah menyerahkan draf perpres tersebut.

"Sudah diajukan ke Presiden melalui kita, Mensesneg-Menseskab, lagi finalisasi," tuturnya. (Kompas.com/Ihsanuddin)

Perekrutan Pemain Baru Masih Dibahas Manajemen Persib Bandung, Direktur PT PBB: Mohon Sabar

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Seskab Pramono Anung: Jokowi Akan Terbitkan Tiga Perpres soal KPK", https://nasional.kompas.com/read/2019/12/27/14595411/seskab-pramono-anung-jokowi-akan-terbitkan-tiga-perpres-soal-kpk

Editor: Theofilus Richard
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved