Awan Hitam di Langit Kabupaten Cirebon, Gerhana Matahari Tidak Terlihat

Sejumlah warga berkumpul di Taman PKK Sumber, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, untuk menyaksikan gerhana matahari sebagian menggunakan teleskop, K

Awan Hitam di Langit Kabupaten Cirebon, Gerhana Matahari Tidak Terlihat
Tribun Jabar/Hakim Baihaqi
Sejumlah warga berkumpul di Taman PKK Sumber, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, untuk menyaksikan gerhana matahari sebagian menggunakan teleskop, Kamis (26/12/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Sejumlah warga berkumpul di Taman PKK Sumber, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, untuk menyaksikan gerhana matahari sebagian menggunakan teleskop, Kamis (26/12/2019).

Pantauan Tribun Jabar, sejumlah warga yang berkumpul untuk menyaksikan gerhana sebagian tersebut, mencoba melihat matahari menggunakan teleskop buatan dari bahan pipa paralon milik anggota Cirebon Astronomy Club (CAC).

Dalam gelaran Cirebon Melihat Gerhana (CMG) yang dilakukan oleh CAC, komunitas tersebut menyediakan tiga teleskop berbagai ukuran, kacamata gerhana, dan alat proyeksi pin hole.

SEBENTAR lagi Salat Gerhana Matahari, Berikut Niat Salat Gerhana Matahari dan Tata Cara Salatnya

Tidak hanya menyediakan alat untuk menyaksikan fenomena alam tersebut, anggota CAC pun memberikan edukasi kepada warga yang datang, terutama bagi anak-anak terkait gerhana.

Slamet Riyadi (20), anggota CAC, mengatakan bahwa komunitasnya telah mempersiapkan sejak beberapa waktu lalu untuk menyaksikan gerhana matahari sebagian.

"Sudah lama kami persiapkan, sampai alat juga dibuat sendiri," kata Riyadi Taman PKK Sumber, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Kamis (26/12/2019).

Namun hingga pukul 11.30 WIB, gerhana matahari di wilayah ibu kota Kabupaten Cirebon belum juga nampak, lantaran awan hitam menggelayut dan menutupi posisi matahari.

Riyadi mengatakan bila cuaca buruk masih terjadi hingga waktu sore hari, gerhana matahari dapat dipastikan tidak dapat terlihat di langit Kabupaten Cirebon.

Matahari Bakal Tertutup Hampir 80 Persen, Puncak Gerhana Matahari Cincin di Bandung Pukul 12.38 WIB

"Cuacanya tidak bersahabat, mau bagaimana lagi," katanya.

Rika (22), warga Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, mengatakan bahwa ia sengaja datang ke Taman PKK Sumber untuk menyaksikan gerhana matahari.

Namun saat diteropong menggunakan teleskop buatan, matahari tidak bisa terlihat karena tertutup awan hitam.

"Beberapa menit mendung, hujan langsung turun, agak kecewa juga. Tapi kan ini memang musim hujan," katanya.

Cara Mudah Membuat Kacamata untuk Melihat Gerhana Matahari Cincin 26 Desember, Bahannya Sederhana

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved