Pemkab Cirebon Minta Pedagang Tidak Jual Komoditas di Atas HET

Penyebab kenaikan tersebut karena musim tanam baru saja dimulai dan peralihan dari musim kemarau ke musim hujan.

Pemkab Cirebon Minta Pedagang Tidak Jual Komoditas di Atas HET
Tribun Jabar/ Hakim Baihaqi
Pemerintah Kabupaten Cirebon, melakukan inspeksi mendadak (sidak) terkait pemantauan harga komoditas di Pasar Sumber, Jalan Dewi Sartika, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Senin pagi (23/12/2019). 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Cirebon mengimbau kepada seluruh pedagang di Pasar Sumber untuk tidak menaikkan harga komoditas di atas harga eceran tertinggi (HET).

Kepala Bidang Pasar Disperindag Kabupaten Cirebon, Dadang Haryadi, mengatakan, di Pasar Sumber telah dipasang running text harga komoditas, sehingga pedagang diminta tidak menjual diangka HET.

"Kalau menjual di atas harga, takutnya pedagang sendiri yang repot. Pembeli kabur, mohon jangan curang," kata Dadang di Pasar Sumber, Kabupaten Cirebon, Senin (23/12/2019).

Bupati Cirebon, Imron Rosyadi, mengatakan, dari hasil sidak yang telah dilakukan, sejumlah komoditas di Pasar Sumber mengalami kenaikan, diantaranya bawang merah, cabai rawit merah, dan ayam broiler potong.

Untuk ayam potong broiler, mengalami kenaikan menjadi Rp 31 ribu perkilogram, semula Rp 30 ribu, cabai rawit merah menjadi Rp 50 ribu perkilogram dari Rp 40 ribu, dan bawang merah dari Rp 25 ribu menjadi Rp 45 ribu.

"Kenaikan tersebut karena berkurangnya pasokan dari petani atau pemasok, sehingga mengalami kenaikan," kata Imron di Pasar Sumber, Kabupaten Cirebon.

Cerita Parman Sekeluarga Menyelamatkan Diri saat Rumahnya Ambruk, Genting Tetangga Berterbangan

Selain itu, kata Imron, penyebab kenaikan tersebut karena musim tanam baru saja dimulai dan peralihan dari musim kemarau ke musim hujan.

"Mungkin para petani kesulitan menjemur, karena belakangan ini sering hujan," katanya.

Imron memastikan, meskipun mengalami kenaikan harga, Pemerintah Kabupaten Cirebon memastikan jumlah stok barang akan aman hingga Hari Tahun Baru 2020.

"Kami akan koordinasi dengan Bulog untuk tetap menjaga stok," katanya.

Cara Membuat Pohon Natal Secara Mudah, Murah, dan Cepat, Bisa Dibuat Anak-anak Bareng Keluarga

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved