Pemasangan Cincin pada Serangan Jantung Akut Mengapa harus Sesegera Mungkin

Perhatian publik terhadap serangan jantung juga makin luas karena penyakit tersebut juga menyerang para selebriti

Pemasangan Cincin pada Serangan Jantung Akut Mengapa harus Sesegera Mungkin
Istimewa

Ditulis Oleh :

Dr. Aron Husink., Sp.JP ( K) FIHA
Dokter Spesialis Jantung Konsultan Jantung Intervensi
RS. EMC Tangerang

Sejak beberapa tahun terakhir, serangan jantung menjadi penyakit yang sedang naik daun.Tidak jarang kita mendengarkan berita danya kenalan, atau kerabat yang berusia relatif muda meninggal secara mendadak dan dikatakan akibat serangan jantung.

Perhatian publik terhadap serangan jantung juga makin luas karena penyakit tersebut juga menyerang para selebriti dan diberitakan secara luas oleh media.

Sedangkan pemangan cincin (ring) kerap menjadi strategi pengobatan utama dan harus dilakukan segera. Mengapa demikian? Pada kesempatan kali ini, penulis akan mencoba menjelaskan apa yang dimaksud dengan serangan jantung,

apa yang terjadi didalam tubuh kita pada serangan jantung beserta efeknya, dan mengapa pemasangan cincin menjadi terapi utama yang harus dilakukan segera.

Apa yang dimaksud dengan serangan jantung?
Serangan jantung merupakan salah satu bentuk presentasi dari penyakit jantung koroner. Jantung adalah suatu organ yang terdiri dari otot yang bekerja memompakan darah ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah,

sehingga jantung bertanggung jawab terhadap ketersediaan nutrisi dan oksigen organ-organ tubuh, serta pembuangan sisa-sisa pembakaran organ-organ tubuh.

Otot jantung sendiri juga memerlukan akses terhadap nutrisi, oksigen, dan jalur pembuangan seperti organ-organ lainya, dan otot jantung mendapatkan akses tersebut melalui pembuluh darah koroner.

Seseorang dikatakan menderita penyakit jantung koroner bila pembuluh darah koroner mengalami penyempitan atau penyumbatan akibat proses aterosklerosis (penumpukan lemak dan pengapuran pada dinding pembuluh darah) yang mengganggu ketersediaan nutrisi dan oksigen bagi otot jantung, akibatnya otot jantung dapat mengalami penurunan fungsi, kerusakan sementara, hingga permanen.

Halaman
1234
Editor: bisnistribunjabar
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved