Persib Bandung

Pelatih Persib Pertanyakan Jadwal Kompetisi Liga 1 2020, Kritisi Jika Ada Piala Presiden

Pelatih Persib mempertanyakan kejelasan jadwal Liga 1 musim depan. Mengkritisi jika ada Piala Presiden.

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ferdyan Adhy Nugraha

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Liga 1 2019 tinggal menyisakan satu pekan lagi dengan Bali United keluar sebagai juara dan Semen Padang, Kalteng Putra, serta Perseru Badak Lampung FC sebagai tim yang terdegradasi.

Namun, hingga menjelang kompetisi Liga 1 2019 selesai, kejelasan soal kick off Liga 1 2020 belum diumumkan oleh PT LIB (Liga Indonesia Baru) maupun PSSI.

Hal ini membuat pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, merasa heran karena biasanya tim peserta di sebuah liga sudah mengetahui kapan waktu untuk kembali berkompetisi.

"Dan yang lebih menarik dari pertanyaan tadi soal liga sudah usai, normalnya di setiap negara di dunia, ketika liga sudah selesai maka klub sudah tahu kapan liga musim depan akan mulai. Tapi ini sudah memasuki pekan terakhir di kompetisi tapi belum ada kabar musim baru akan dimulai," ujar Robert Alberts beberapa waktu lalu.

Menurutnya, ketidakjelasan waktu kick off akan membuat sebuah kompetisi tidak akan berkembang.

Sebab, sebagai seorang pelatih, Robert harus merencanakan banyak hal agar timnya bisa tampil optimal di dalam kompetisi.

"Jika hal ini terus terjadi, dan pihak federasi juga tidak mengubah ini, kami tidak akan berprogres. Dan kami hanya bisa berharap akan ada perbaikan di tahun berikutnya. Saya sebagai pelatih ingin merancang rencana dengan pemain soal kapan kami mulai melakukan pramusim, tetapi tidak ada yang tahu," katanya.

Para pemain pun, ujar Robert, dihadapkan pada situasi yang melelahkan jika tak ada rencana spesifik untuk berlatih maupun beristirahat.

"Pemain seperti Made yang bermain dengan intensif musim ini di kompetisi yang paling intensif di dunia karena perjalanan dan jadwal pertandingan yang digelar 15.30 lalu harus melakukan perjalanan selama 12 jam itu tidak baik. Jadi harus ada perencanaan dan bagaimana mengubah budaya itu," ucapnya.

Dia pun mendengar soal gelaran Piala Presiden yang akan kembali diputar sebelum liga berlangsung.

Robert mengatakan hal ini tidak akan baik untuk kualitas kompetisi karena para pemain maupun perangkat pertandingan akan mengalami kelelahan.

"Ketika liga usai, kami belum tahu kapan liga musim depan akan dimulai. Saya juga mendengar ada rumor Piala Presiden akan digelar lagi, dan kompetisi digelar di awal Maret. Tidak ada kasus seperti ini di dunia yang menggelar kompetisi di masa pramusim. Jika Piala Presiden digelar dua pekan setelah liga musim ini usai, kapan pemain akan istirahat. Pemain seolah-olah seperti yoyo, mereka pasti kelelahan, wasit juga kelelahan," katanya.

Musim Ini Akhir Beberapa Pemain Persib Class of 2014, Saatnya Pemain Baru, Apa Kata Bobotoh Part 2

Ada yang Menyayangkan Keputusan Robert Alberts di Laga Persib Lawan Badak Lampung FC

Penulis: Ferdyan Adhy Nugraha
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved