Persib Bandung

Pelatih Persib Bandung Pertanyakan Gelaran Piala Indonesia dan Sebut Piala Presiden Melelahkan

Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, mempertanyakan kompetisi Piala Indonesia yang tidak digelar pada tahun 2019 ini.

Pelatih Persib Bandung Pertanyakan Gelaran Piala Indonesia dan Sebut Piala Presiden Melelahkan
Tribun Jabar/Ferdyan Adhy Nugraha
Robert Alberts dalam jumpa pers setelah duel Persib Bandung vs Perseru Badak Lampung FC di Stadion Si Jalak Harupat, Senin (16/12/2019). Tuan rumah menang telak 4-0. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ferdyan Adhy Nugraha

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG  - Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, mempertanyakan kompetisi Piala Indonesia yang tidak digelar pada tahun 2019 ini.

Menurut Robert Alberts, Piala Indonesia yang baru saja selesai digelar dan menghasilkan PSM Makassar sebagai juaranya merupakan kompetisi di tahun 2018.

"Lalu saya bertanya kenapa tidak ada Piala Indonesia di tahun ini. Pada 2019 itu sebenarnya tidak ada Piala Indonesia, hanya 2018 ada Piala Indonesia dan tidak tuntas, itu baru tuntas di tahun berikutnya. Silakan cek aturan FIFA. tidak diperbolehkan untuk menuntaskan kompetisi di tahun berikutnya, setiap gelaran di negara tidak boleh melewati kalender FIFA yang berlaku," ujar Robert Alberts beberapa waktu lalu.

Lawan Persib Bandung, PSM Makassar Tanpa Darije Kalezic, ke Mana Sang Pelatih?

Pelatih asal Belanda ini kemudian menyinggung soal kompetisi Piala Presiden yang selalu diselenggarakan sebelum liga dimulai.

Menurutnya, akan jauh lebih baik jika Piala Presiden dibuat seperti Piala FA di kompetisi Liga Inggris.

"Tapi ini berakhir di tahun 2019. Kenapa tidak ada Piala Indonesia resmi yang digelar di tahun 2019, Kenapa tidak membuat Piala Presiden, semacam FA Cup selama kompetisi, seperti di negara lain. Saya memberikan saran untuk memajukan sepak bola,"katanya.

Dia berharap, sarannya dapat diterima otorita pengelola liga dan PSSI.

"Kenapa saya bicara seperti ini, karena orang-orang di sana tidak akan mendengar orang seperti kami. Jadi saya harap pesan ini bisa ditangkap dengan cara yang tepat untuk mengubah hal yang lebih menguntungkan bagi sepak bola di sini," ujarnya.

Robert Alberts pun mengkritisi Piala Presiden yang menurutnya membuat banyak pemain kelelahan sebelum kompetisi dimulai.

Gelandang Andalan PSM Makassar Diragukan Main Lawan Persib Bandung, Bukan Cedera tapi Karena Ini

Di belahan dunia lain, pra musim seharusnya diisi oleh partai persahabatan atau ajang promosi bagi tim-tim kepada masyarakat.

Bukan dengan menggelar kompetisi yang sangat kompetitif karena hanya akan membuat lelah para pemain.

"Jika di negara lain, setiap tim mengisi pramusim dengan laga-laga eksebisi atau mereka mengisi kegiatan dengan tur ke Cina atau Indonesia, untuk membangun ketertarikan. Tapi jika dengan kompetisi, pemain lebih dituntut untuk terus menang dan tidak ada waktu bagi mereka istriahat ketika kompetisi sesungguhnya digelar," katanya.

Masa Depannya Belum Pasti, Kiper Ini Senang Jalani Debut Bersama Persib Bandung

Penulis: Ferdyan Adhy Nugraha
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved