Lihat Ular dan Sarang Tawon di Sekitar Rumah, Diskar PB Kota Bandung: Jangan Ragu Telepon

Diskar PB Kota Bandung selama Januari sampai Desember 2019 telah menangkap puluhan ekor ular dan menyingkirkan ratusan sarang tawon.

Dok. Damkar Kota Bekasi
Ular kobra dewasa sepanjang 2 meter yang ditangkap penjaja nasi goreng di Kampung Poncol Jaya, Jakasampurna, Bekasi Barat dievakuasi pemadam kebakaran Kota Bekasi, Kamis (12/12/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Tiah SM

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Di rumah Anda atau lingkungan sekitar ada ular atau sarang tawon? Jangan ragu telepon ke nomor 022-113, petugas akan datang menangkap ular dan menyingkirkan sarang tawon itu.

Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung selama Januari sampai Desember 2019 telah menangkap puluhan ekor ular dan menyingkirkan ratusan sarang tawon.

Kepala Diskar PB Kota Bandung Dadang Iriana mengatakan, ular yang ditangkap berbagai jenis mayoritas ditemukan di pemukiman warga yang berdekekatan dengan aliran sungai.

Menurut, Dadang, jenis ular yang ditangkap yakni sanca, piton, dan kobra ditemukan berdasarkan laporan warga.

"Sejak masuk musim hujan, jumlah ular yang masuk rumah warga meningkat," ujar Dadang Iriana di kantornya, Rabu (18/12/2019).

Ini Tempat-tempat yang Disukai Ular Kobra dan Tempat Menetaskan Telur-telurnya

Musang dan Burung Hantu Diburu Warga, Ular Bebas Berkembang Biak di Musim Hujan

Dadang menuturkan, penanganan ular yang berkeliaran di pemukiman dibantu pawang karena khawatir ada jenisnya dan ular yang memiliki bisa sangat mematikan seperti ular kobra.

Dadang, mengatakan puluhan ular itu ditemukan di pemukiman yang berdekatan dengan aliran sungai-sungai. Pihaknya pun mendapat laporan dari warga di area tersebut pemukiman padat penduduk.

Tak hanya menangkap ular, ucap Dadang, tim rescue juga menyingkirkan sarang tawon bahkan hingga kewalahan.

"Ular 37 ekor sudah ditangkap tapi sarang tawon baru 100 yang dievakuasi dan 67 belum dievakuasi karena keterbatasan person. Evakuasi sarang tawon diprioritaskan di lokasi yang berbahaya semisal di sekolah dan pemukiman padat penduduk," ujar Dadang.

Dadang mengatakan dua anggota tersengat tawon hingga harus dirawat di rumah sakit.

Ia mengimbau warga agar segera melapor jika ada temuan ular berbagai jenis di area pemukiman.

Terlebih saat ini curah hujan di Bandung masih tinggi yang menjadi salah satu transmigrasinya ular ke area penduduk karena terbawa arus. "Telpon saja ke 022-113 kami siaga 24 jam," ujar Dadang. 

Penulis: Tiah SM
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved