BPJS Sebut Terjadi 1.582 Kecelakaan Kerja di Purwakarta, Mayoritas Kecelakaan Lalu Lintas

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan cabang Purwakarta akan menggeruduk perusahaan-perusahaan yang membandel dalam hal jaminan ke

Istimewa
bpjs ketenagakerjaan 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Ketenagakerjaan cabang Purwakarta akan menggeruduk perusahaan-perusahaan yang membandel dalam hal jaminan ketenagakerjaan.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Purwakarta, Herry Subroto, mengatakan bahwa sebanyak 70 persen perusahaan formal di Purwakarta sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Tetapi, sebanyak 90 persen perusahaan informal belum menjadi peserta BPJS.

"Ada 42 juta pekerja dari informal belum masuk jadi peserta BPJS. Saat ini sudah ada 4 ribu peserta yang telah jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan Purwakarta," katanya di Purwakarta, Selasa (17/12/2019).

Dicopot dari Jabatan Lurah Setelah Video Honorer Berendam di Got Viral, Ini Kata Agung Triatmojo

Kecelakaan dalam bekerja di Purwakarta, lanjut Herry sangatlah tinggi. Hal itu terlihat dari kasus yang terjadi selama setahun ini sebanyak 1.582 kasus atau rata-rata 9 kasus per harinya.

"Jumlah kasus tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 5 kasus per hari. Banyak kecelakaan karena kecelakaan lalu lintas roda dua," katanya.

Bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan, Herry mengatakan, pihaknya memberikan santunan jaminan kematian dengan kenaikan 100 persen dari Rp 23,2 juta menjadi Rp 42 juta, terdiri dari santunan kematian Rp 20 juta, biaya pemakaman Rp 10 juta, dan santunan berkala Rp 12 juta.

Sejauh ini, BPJS Ketenagakerjaan Purwakarta telah membayarkan pembayaran untuk jaminan kecelakaan kerja (JKK) sebesar Rp 15,3 miliar.

HEBOH Temuan Ular Hampir di Tiap Daerah, Dinkes Majalengka Sediakan SABU di Seluruh Puskesmas

Tak Ada Angin dan Hujan, Pohon Mahoni di Maribaya Lembang Tumbang Hingga Menutupi Jalan

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved