Ditipu Dukun Pengganda Uang, Enjang Rugi Rp 900 Juta, Dijamin Tak Bayar Harta Gono Gini Jika Cerai

Dirugikan sebesar Rp 900 juta, Enjang lapor ke Polrestabes Bandung untuk pengusutan lebih lanjut soal dukun pengganda uang

Tribun Jabar/Cipta Permana
Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Irman Sugema memberikan keterangan sambil menunjukkan segepok uang palsu dan emas batangan palsu saat ekspos kasus dukun pengganda uang di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Senin (16/12/2019) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Jajaran Unit Reserse Kriminal (Reskrim) Polrestabes Bandung berhasil meringkus Kiki Yanwar Rizki bin Wahyu Maulana (24), pelaku penipuan atau penggelapan yang berkedok sebagai dukun pengganda uang, di wilayah Kelurahan Cipedes, Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung.

Mengenakan baju tahanan oranye sambil tangan terikat, pria berkepala plontos itu hanya menunduk saat ekspose yang dipimpin Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Irman Sugema di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Senin (16/14/2019).

Bersama pelaku, turut diamankan pula sejumlah barang bukti berupa, uang palsu pecahan Rp 100 ribu sebanyak 309 lembar, pecahan Rp 50 ribu sebanyak 10.095 lembar.

Ada juga enam batang emas palsu, dua buah keris kecil, satu botol besar bertuliskan candu sebuk zaljalat, dua set dupa merk darshan mahrasa gold, dan satu set dupa tanpa merk.

Kombes Pol Irman Sugema mengatakan, penangkapan tersangka dilakukan, setelah korban bernama Enjang Saepudin, membuat laporan polisi dengan nomor LP/A2835/XII/2019/JBR/POLRESTABES, pada 10 Desember 2019.

"Motif pelaku ini adalah berpura-pura sebagai dukun yang mampu menjanjikan pelipatgandaan uang kepada pelapor, dan andai pelapor bercerai dengan istrinya nanti, sang istri tidak akan menuntut harta gono gini. Syaratnya, mengikuti cara ritual yang diberikan oleh tersangka," ujarnya kepada awak media dalam acara ekspos di Mapolrestabes Bandung.

Suplier Ayam di Bandung Rugi Rp 900 juta, Ditipu Dukun Palsu agar Tidak Diminta Gono Gini oleh Istri

Pria di Bandung Ngaku Dukun Bisa Gandakan Rp 228 Juta jadi Rp 33 Miliar, Ada Korban Rugi Rp 468 Juta

Adapun kronologi kejadian, ucap Irman Sugema, terjadi sekitar Juli 2019, di Jalan Mulyasari RT 01/02 Kelurahan Cipedes, Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung.

Pelapor yang sedang mengalami masalah rumah tangga dan dalam proses gugat cerai dengan istrinya, menceritakan masalah tersebut kepada tersangka.

Lalu, tersangka menyanggupi untuk melaksanakan ritual supaya istri terlapor tidak menuntut harta gono gini, dengan syarat meminta sejumlah uang.

Halaman
12
Penulis: Cipta Permana
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved