Pantai Tirtamaya Disebut Pantai Legenda di Indramayu, Ini Ternyata Alasannya

Pantai Tirtamaya Indramayu di Desa Juntikedokan, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu rupanya

Pantai Tirtamaya Disebut Pantai Legenda di Indramayu, Ini Ternyata Alasannya
tribunjabar/handika rahman
Para pengunjung saat berlibur di Pantai Tirtamaya yang terletak di Desa Juntikedokan, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Minggu (15/12/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Handhika Rahman

TRIBUNJABAR.ID, INDRAMAYU - Pantai Tirtamaya Indramayu di Desa Juntikedokan, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu rupanya dikenal juga sebagai pantai legenda.

Berdasarkan informasi yang diterima Tribuncirebon.com, disematkannya nama legenda itu dikarenakan konon Pantai Tirtamaya adalah tempat perlabuhan Ki Buyut Tuban.

Ki Buyut Tuban sendiri diketahui merupakan murid dari Sunan Bonang yang diutus untuk menyebarkan agama Islam di wilayah Jawa Barat bagian barat.

Menurut seorang karyawan objek wisata Pantai Tirtamaya, Wiranto mengatakan, saat itu Ki Buyut Tuban datang ke Indramayu menggunakan perahu tradisional.

"Ini terbukti dengan adanya situs perahu kuno di sini dan ada juga makam Ki Buyut Tuban tidak jauh dari sini," ujar dia kepada Tribuncirebon.com saat ditemui di Pantai Tirtamaya Indramayu, Minggu (15/12/2019).

BREAKING NEWS, Dua Pejabat Pemda KBB Kena OTT Polda Jabar, Korupsi Perekrutan TKK

Meski demikian, saat Tribuncirebon.com hendak melihat situs perahu kuno tersebut, museum tempat penyimpanannya dalam keadaan terkunci.

"Kunci perahu kunonya sedang tidak ada, tapi biasanya kalau Minggu dibuka karena banyak yang ingin lihat juga," ucap dia.

Disampaikan Wiranto, sesuai namanya Pantai Tirtamaya juga digadang-gadang sebagai pantai tertua di Kabupaten Indramayu.

Banyak dari wisatawan yang datang berlibur sekaligus melakukan ziarah di makam Ki Buyut Tuban.

Halaman
123
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved