Banjir Kota Bandung

Hari Ini Sejumlah Lokasi di Bandung Banjir, Pekan Ini di Jabar Masih akan Turun Hujan Deras

Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Bandung pada Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Tony Agus Wijaya

Hari Ini Sejumlah Lokasi di Bandung Banjir, Pekan Ini di Jabar Masih akan Turun Hujan Deras
Istimewa via Instagram @bandungnet
Hujan terjang Bandung, di Jalan Sukajadi air meluap dan mengalir deras, motor pun sampai hanyut. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Bandung pada Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Tony Agus Wijaya, mengatakan hujan yang terjadi pada Jumat (13/12) di Jawa Barat, terutama di Bandung Raya, termasuk kategori hujan lebat dan membuat sejumlah kawasan sempat tergenang banjir.

"Hujan tadi adalah hujan lebat, lebih dari 20 mm/jam. Karena terdapat kumpulan awan di sekitar Bandung Raya," kata Tony melalui ponsel, Jumat (13/12).

Tony mengingatkan hujan seperti ini dapat terjadi di Jawa Barat pada musim hujan. Jawa Barat pun, katanya, memang telah memasuki musim hujan dan hujan deras berkemungkinan terjadi pada hari-hari tertentu sampai Mei 2020.

"Iya saat ini musim hujan di Jawa Barat, yang secara umum terjadi hingga Mei 2020. Curah hujan tinggi berpotensi terjadi di puncak musim hujan antara Januari sampai Februari 2020," ujarnya.

Dilepas Klub Lama, Mantan Pemain Persib Bandung Ini Masih Laku Dilirik Klub Liga Thailand

Pada Jumat (13/12), BMKG pun sudah mengeluarkan peringatan dini untuk cuaca di Jawa Barat. Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir terjadi pada pukul 16.15 WIB di Bogor, Bandung, Sukabumi, Purwakarta, dan Cianjur.

Pada Sabtu (14/12), BMKG pun mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan yang dapat di sertai kilat atau petir dan angin kencang di sebagian wilayah Bogor, Depok, Bekasi, Purwakarta, Subang, Indramayu, Cirebon, Majalengka, Kuningan, Sumedang, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Pangandaran, Karawang, Sukabumi, Cianjur, dan Bandung, pada siang atau sore hingga malam hari.

Minggu (15/12) pun BMKG meminta masyarakat mewaspadai potensi hujan yang dapat di sertai kilat atau petir dan angin kencang di sebagian wilayah Bogor, Depok, Purwakarta, Subang, Indramayu, Cirebon, Majalengka, Kuningan, Sumedang, Bekasi, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Pangandaran, Karawang, Sukabumi, Cianjur, dan Bandung, pada siang atau sore hingga dini hari.

Jalan Panjang Bali United ke Liga Champions Asia, Harus Lewati Lawan Tangguh di Babak Kualifikasi

Sebelumnya, Tony pun mengimbau masyarakat Jawa Barat untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang biasanya terjadi pada peralihan musim dan musim hujan.

Tony mengatakan yang terpenting dilakukan masyarakat, termasuk pemerintah, adalah memangkas cabang pohon yang terlalu rimbun atau lapuk agar tidak tumbang saat ada angin kencang.

"Kemudian memperkuat benda seperti bagian bangunan mudah tertiup angin. Dan membersihkan saluran air agar tidak terjadi genangan atau banjir," katanya.

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved