Dampak Hujan Deras, Tiga Rumah di Kota Cimahi Terendam Banjir, Satu di Antaranya Jebol

Tiga rumah di Kompleks Permana Utara, Kelurahan Citeureup, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi diterjang banjir setelah kawasan tersebut diguyur hujan

Dampak Hujan Deras, Tiga Rumah di Kota Cimahi Terendam Banjir, Satu di Antaranya Jebol
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Kondisi di Kompleks Permana Utara, RT 5/6, Kelurahan Citeureup, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi setelah diterjang banjir, Jumat (13/12/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Tiga rumah di Kompleks Permana Utara, RT 5/6, Kelurahan Citeureup, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi diterjang banjir setelah kawasan tersebut diguyur hujan deras, Jumat (13/12/2019).

Pantauan Tribun Jabar, hingga malam pemilik rumah tersebut masih membersihkan lumpur akibat banjir dan mengeluarkan sebagian barang-barang rumah tangga dan alat-alat elektronik.

Sementara petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi masih berjibaku melakukan penyedotan air setinggi lutut orang dewasa itu menggunakan pompa air.

Kota Bandung Diguyur Hujan Deras Sore Ini, Daerah Cibadak Sempat Banjir

Warga setempat Ramdhani (25) mengatakan, adanya banjir tersebut akibat tanggul di dekat permukiman warga jebol karena tak kuat menahan tekanan air yang tidak tertampung di saluran drainase.

"Kejadiannya pas hujan sedang deras, airnya cepet banget langsung masuk ke dalam rumah. Makanya ini barang-barang dikeluarkan dulu," ujarnya saat ditemui di lokasi kejadian.

Rumah Ramdhani yang dijadikan konveksi ini terendam banjir bercampur lumpur dengan ketinggian mencapai 60 sentimeter, akibatnya mesin konveksi dan bahan-bahan yang akan dijahit semuanya kotor hingga tidak bisa dipakai lagi

Sementara rumah milik Muklas (53), tembok bagian belakanya jebol dan menyebabkan air masuk ke dalam rumah hingga menerjang alat-alat rumah tangga karena lokasinya dekat dengan tanggul yang jebol.

"Disini hanya ada satu selokan, itu juga kecil jadi kalau hujannya deras air meluap ke jalan. Kejadiannya tadi pas hujan deras," katanya.

Hari Ini Sejumlah Lokasi di Bandung Banjir, Pekan Ini di Jabar Masih akan Turun Hujan Deras

Jebolnya tembok rumah tersebut, kata Muchlas, membuat istrinya yang saat itu ada di rumah panik karena menyebabkan banjir di dalam rumah mencapai 1 meter.

"Semua habis, mulai dari sofa, kasur, kulkas, ya terendam. Sekarang sedang bersih-bersih, soalnya bukan cuma banjir air, tapi ini banjir lumpur," kata Muchlas.

Sekretaris BPBD Kota Cimahi, Ajat Sudrajat, mengatakan, jebolnya tanggul di dekat perumahan warga hingga menyebabkan banjir itu karena alirannya tersumbat sampah.

"Sekarang kita upayakan penyedotan untuk mengurangi ketinggian air. Petugas lain melakukan assessment ke rumah warga yang terdampak," ujarnya.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved