Breaking News:

Ujian Nasional Dihapus

Dukung Nadiem Makarim Hapus Ujian Nasional, KPAI: Sejalan dengan Sistem Zonasi

Komisioner KPAI bidang pendidikan, Retno Listyarti, mengatakan penghapusan Ujian Nasional sejalan dengan sistem zonasi sudah diterapkan pemerintah.

Warta Kota/Junianto Hamonangan
Komisioner KPAI bidang pendidikan, Retno Listyarti 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA- Langka Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Nadiem Makarim menghapus Ujian Nasional (UN) didukung Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Rencananya, Ujian Nasional sudah tak diterapkan lagi mulai tahun 2021.

Komisioner KPAI bidang pendidikan, Retno Listyarti, mengatakan penghapusan Ujian Nasional sejalan dengan sistem zonasi sudah diterapkan pemerintah.

"Penghapusan Ujian Nasional (UN) pada 2021, KPAI mengapresi pendidikan kita akhirnya menghargai nalar," ujar Retno Listyarti saat dikonfirmasi oleh Tribunnews.com, Kamis (12/12/2019).

"KPAI menilai kebijakan penghapusan UN sejalan dengan sistem zonasi dalam PPDB, yaitu hanya mempertimbangkan jarak rumah ke sekolah, bukan nilai UN-nya seperti praktik sebelum kebijakan zonasi PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) ditetapkan pemerintah," katanya.

Ujian Nasional Dihapus Nadiem Makarim, Pengamat Pendidikan: Sekarang Lebih Baik

Ujian Nasional Tamat, Ternyata Ada 2 Program Pengganti UN, Apa Itu?

Retno mengatakan, berdasarkan data Kemdikbud selama 5 tahun terakhir ini menunjukkan, anak-anak dari keluarga miskin justru mengeluarkan biaya pendidikan yang lebih besar dibandingkan anak-anak dari keluarga kaya.

Itu lantaran seleksi PPDB menggunakan hasil Ujian Nasional.

Anak-anak kaya mampu bayar bimbel, sehingga nilai Ujian Nasionalnya lebih tinggi dan bisa memilih sekolah negeri manapun. Sementara jumlah sekolah negeri minim.

"Akibatnya, sekolah negeri didominasi anak-anak dari keluarga kaya. Anak-anak dari keluarga miskin justru harus mengeluarkan biaya lebih besar untuk pendidikan di sekolah swasta. Pemerintah wajib menambah jumlah sekolah negeri bukan menurunkan persentasi zonasi murni," lanjut dia.

Diketahui, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim resmi mengganti Ujian Nasional dengan Assesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter mulai tahun 2021. (Rina Ayu Panca Rini)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul KPAI Dukung Langkah Mendikbud Hapus Ujian Nasional

Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved