Hanya Dianggap Kasus Kenakalan Remaja, Pelaku Teror Bom Palembang Dibebaskan

Remaja 16 tahun di Palembang berinisial B dilepaskan Polrestabes Palembang, setelah sebelumnya meresahkan warga dengan teror bom mainan.

Hanya Dianggap Kasus Kenakalan Remaja, Pelaku Teror Bom Palembang Dibebaskan
KOMPAS.COM/AJI YK PUTRA
Kasatreskrim Polrestabes Palembang Kompo Yon Edi Winara saat memberikan keterangan pers terkait, aksi teror yang dilakukan seorang pelajar SMA berinisial B (16), Rabu (11/12/2019). 

TRIBUNJABAR.ID, PALEMBANG - Remaja 16 tahun di Palembang berinisial B dilepaskan Polrestabes Palembang, setelah sebelumnya meresahkan warga dengan teror bom mainan.

Polrestabes Palembang menganggap bahwa kasus B adalah kenakalan remaja, bukan terorisme.

Kasat Reskrim Polrestabes Palembang Kompol Yon Edi Winara mengatakan, hasil pemeriksaan B tidak terpapar paham radikalisme dan masuk dalam suatu kelompok jaringan teroris.

Aksi tersebut dikarenakan B sakit hati kepada keluarganya sendiri sehingga nekat menakut-nakuti dengan ancaman teror bom.

"Ini murni dia adalah pelajar, karena psikologis tertekan sehingga membuat ancaman itu kepada keluarganya. Ini bukan bom panci seperti dalam pemberitaan. Murni kenakalan remaja," kata Yon, saat gelar perkara, Rabu (11/12/2019).

Geger Penemuan Balita Tanpa Kepala di Samarinda, Tim Forensik Tak Temukan Tanda Kekerasan

Dari barang bukti yang diamankan, polisi menemukan panci, timer, kabel serta serpihan di dalam tas.

Hasil pemeriksaan, serpihan tersebut ternyata bukan bubuk mesiu yang mengandung bahan peledak.

"Tidak ada bahan kimia yang dapat meledak, itu juga bukan rangkaian bom. Karena pemicunya tidak ada. Pelajar ini niatnya hanya menakuti keluarganya sendiri, karena dianggap sebagai biang masalah,"ujar Yon.

Diberitakan sebelumnya, pelaku teror bom yang meresahkan warga di Jalan Sederhana, Kelurahan Talang Aman, Kecamatan Kemuning, Palembang, Sumatera Selatan telah ditangkap petugas.

Pelaku tersebut diketahui berinisial B (16) yang masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) di Palembang.

Tim Gegana Satuan Brimob Polda Sumatera Selatan sempat meledakkan satu tas yang mencurigakan di kediaman warga di Jalan Sederhana, Kelurahan Talang Aman, Kecamatan, Kemuning Palembang, Senin (9/12/2019).

Setelah diledakkan, ternyata tas yang mencurigakan itu hanya berisi pipa dan kabel. (Kompas.com/Aji YK Putra)

Rumah Warga di Sleman Diteror Bom Molotov, Etalase Rumah Makan Padang Dirusak

Editor: Theofilus Richard
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved