Warga Gununghalu Bandung Barat Khawatir Longsor Susulan, Polisi Pun Turun Tangan dan Beri Bantuan

Warga Kampung Hegarmanah, Desa Cilangari, Kecamatan Gununghalu KBB khawatir terjadi longsor susulan karena saat ini sudah memasuki musim hujan

Warga Gununghalu Bandung Barat Khawatir Longsor Susulan, Polisi Pun Turun Tangan dan Beri Bantuan
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Kapolres Cimahi, AKBP M Yoris Maulana Yusuf Marzuki saat memberikan bantuan ke korban longsor di Kampung Hegarmanah, Desa Cilangari, Kecamatan Gununghalu Kabupaten Bandung Barat (KBB), Selasa (10/12/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, GUNUNGHALU - Warga Kampung Hegarmanah, Desa Cilangari, Kecamatan Gununghalu Kabupaten Bandung Barat (KBB) khawatir terjadi longsor susulan karena saat ini sudah memasuki musim hujan.

Pasalnya, bencana longsor yang terjadi pada Jumat (6/12/2019) sudah membuat akses jalan dan sawah tertimbun endapan lumpur, bahkan sejumlah rumah terancam terkena dampak dari bencana longsor tersebut.

Kepala Desa Cilangari, Sobarna, mengatakan, ada 22 rumah milik warga di Kampung Hegarmanah yang seharusnya direlokasi, tetapi banyak warga yang sudah terbiasa tinggal di daerah tersebut.

"Jadi mereka tidak mau untuk meninggalkan rumahnya, padahal kalau hujan malam hari, memang yang dikhawatirkan ada longsor susulan," ujarnya saat ditemui di Kampung Hegarmanah, Selasa (10/12/2019) malam.

Atas hal tersebut, warga yang sudah lama tinggal di wilayah ini juga tidak mungkin untuk pindah, kecuali ketuka kondisinya sudah sangat mengkhawatirkan.

"Tapi kalau sudah sangat mengkhawatirkan tetap akan kami imbau untuk pindah nanti," katanya.

Kapolres Cimahi, AKBP M Yoris Maulana Yusuf Marzuki beserta jajaran meninjau lokasi kejadian longsor tersebut untuk melakukan pengecekan dan memberikan bantuan.

"Kami memberikan bantuan berupa 100 dus mie instan, 250 kilogram beras, makanan dan minuman serta mendirikan posko," katanya.

Setelah melakukan pengecekan, Yoris memastikan tidak ada warga yang terisolir akibat bencana tanah longsor tersebut, namun dampaknya membuat 4 hektre lahan sawah siap panen tertimbun lumpur.

"Selain itu, jalan yang menghubungkan antar Kampung Hegarmanah dan Lembur Awi di Desa Cilangari juga tertutup lumpur, namun masih ada jalan alternatif," ucap Yoris.

Diberitakan sebelumnya, akses Jalan di Kampung Hegarmanah, Desa Cilangari, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat (KBB) tertutup atau terendam lumpur dari luapan Sungai Cibuluh, hingga warga setempat terisolasi.

Kejadian tersebut akibat hujan deras hingga membuat tanah dari perbukitan yang berada di belakang perkampungan terkikis sehingga menyumbat aliran sungai.

Kapolres Cimahi, AKBP M Yoris Maulana Yusuf Marzuki saat memberikan bantuan ke korban longsor di Kampung Hegarmanah, Desa Cilangari, Kecamatan Gununghalu Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved