The Great Asia Africa Penyebab Bertambahnya Kemacetan di Lembang ? Ini Kata Polisi dan Pemiliknya

Kemacetan tersebut kerap terjadi baik dari arah Kota Bandung menuju Lembang maupun dari arah sebaliknya, terutama saat hari libur Sabtu dan Minggu

Tribun JAbar/ Hilman Kamaludin
Kondisi arus lalu lintas di sekitar The Great Asia Africa Lembang. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, LEMBANG - Volume kendaraan di sekitar kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), mengalami peningkatan hingga menyebabkan kemacetan setelah dibuka tempat wisata baru yakni The Great Asia Africa Lembang.

Kemacetan tersebut kerap terjadi baik dari arah Kota Bandung menuju Lembang maupun dari arah sebaliknya, terutama saat hari libur Sabtu dan Minggu tepatnya pada waktu pagi dan sore hari.

Kasatlantas Polres Cimahi, AKP Susanti Samaniah, membenarkan bahwa kemacetan di sekitar Lembang akhir-akhir ini akibat adanya wisata baru karena banyak masyarakat yang penasaran dengan tempat wisata tersebut.

"Memang akhir-akhir ini di Lembang, khususnya di depan Farmhouse ada wisata baru The Great Asia Africa yang menimbulkan kemacetan," ujarnya saat ditemui di Mapolres Cimahi, Selasa (10/12/2019).

Menurutnya, kemacetan tersebut terjadi karena banyak keluar masuk kendaraan ke Farmhouse dan The Great Asia Africa yang lokasinya bersebrangan, sehingga kemacetan pun tak terhindarkan.

"Kontur jalan yang sempit juga berpengaruh, selain itu banyak gang yang banyak keluar masuk kendaraan. Itu menyebabkan perlambatan arus lalu lintas hingga akhirnya terus mengekor," katanya.

Kendati demikian, pihaknya rutin mengatur arus lalu lintas di sekitar lokasi tersebut dengan menyiagakan sejumlah personel agar kemacetan bisa terurai.

"Kami juga akan mencoba memasang trailing sepanjang jalan. Nantinya dari depan Farmhouse itu tidak langsung nyebrang ke Asia Africa dan untuk pejalan kaki juga kita akan buatkan satu pintu saja," katanya.

Owner The Great Asia Africa Lembang, Ferry Tristianto, mengatakan, terkait kemacetan ini hanya terjadi saat tempat wisata ini dibuka pertama kali dan ada diskon tiket sebesar 50 persen, sehingga banyak masyarakat yang berkunjung.

"Gini, waktu itu kan opening dan tiket diskon 50 persen, jadi orang tuh banyak sekali yang datang kesini. Nanti juga arus lalu lintas akan normal lagi," katanya beberapa waktu lalu.

Pihaknya juga akan terus berkoordinasi dengan anggota Polres Cimahi untuk mengatur arus lalu lintas di sekitar Farmhouse dan The Great Asia Africa Lembang agar kemacatena bisa teratasi.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved