KPK Sebut Banyak Kepala Daerah di Jawa Barat Terjerat Kasus Korupsi, Ridwan Kamil Katakan Ini

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengatakan pihaknya terus berupaya maksimal mencegah tindak pidana korupsi terjadi di Pemprov Jabar dan juga di 27

KPK Sebut Banyak Kepala Daerah di Jawa Barat Terjerat Kasus Korupsi, Ridwan Kamil Katakan Ini
Tribunjabar/Syarif Abdussalam
Gubernur Jabar Ridwan Kamil seusai rapat, Senin (9/12/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhammad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengatakan pihaknya terus berupaya maksimal mencegah tindak pidana korupsi terjadi di Pemprov Jabar dan juga di 27 kabupaten serta kota di Jawa Barat.

Gubernur yang akrab disapa Emil ini pun tidak terlalu ambil pusing mengenai penyataan KPK yang menyatakan Jawa Barat sebagai salah satu daerah dengan jumlah kepala daerah terbanyak yang terjerat korupsi.

"Saya kira bukan soal nomor-nomornya, di mana ada kekurangan, kita perbaiki. Ada yang positif, kami sempurnakan," kata Ridwan Kamil di Bandung, Senin (9/12/2019).

Ridwan Kamil Sebut dari Stasiun Masjid Al Jabbar ke Stasiun Tegalluar akan Dibangun Rel Layang

Ridwan Kamil mengatakan bahwa secara sistem, pihaknya telah memaksimalkan fungsi tim Saber Pungli, penggunaan e-Budgeting, dan upaya teknis lainnya untuk mencegah korupsi.

"Tapi kalau orang-orangnya tidak berkomitmen, sistem canggih juga sama aja bohong. Makanya saya selalu meminta kepada daerah agar memastikan integritas, komitmen terhadap pemberantasan korupsi diprioritaskan. Nah ini yang kita terus didorong," katanya.

Berdasarkan catatan KPK sampai Oktober 2019, kepala daerah yang paling banyak melakukan korupsi dan diproses KPK berasal dari Jawa Barat dan Jawa Timur.

Di kedua provinsi tersebut, terdapat masing-masing 14 kepala daerah yang telah diproses KPK karena terlibat korupsi.

Provinsi lain yang masuk daftar tersebut adalah Sumatera Utara sebanyak 12 kepala daerah, Jawa Tengah sebanyak 10 kepala daerah, dan Sumatera Selatan sebanyak 7 kepala daerah.

Jalur Al Jabbar-Tegalluar akan Dibangun Rel Layang, Ridwan Kamil: Diputuskan Dibangun Stasiun Baru

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved