Bupati Cirebon Minta Masyarakat untuk Tidak Mendiskriminasi ODHA

Imron mengatakan, pada beberapa kasus, ODHA yang mendapatkan perilaku diskriminatif, kerap memiliki rasa dendam.

Bupati Cirebon Minta Masyarakat untuk Tidak Mendiskriminasi ODHA
Tribun Jabar/ Hakim Baihaqi
Peringatan Hari AIDS Sedunia di Kantor Bupati Cirebon, Jalan Sunan Bonang, Kecamatan Sumber, Senin (9/12/2019). 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Bupati Cirebon, Imron Rosyadi, mengimbau kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Cirebon untuk tidak menjauhi orang pengidap HIV/AIDS (ODHA) yang berada di lingkungan masyarakat.

Imron mengatakan, ODHA harus dirangkul oleh masyarakat dan jangan dihakimi, sehingga pengidap tersebut tidak merasa diperlakukan diskriminatif.

"Jangan sampai mereka disisihkan, mereka pun punya hak untuk hidup dan mendapat perlakuan sama," kata Imron saat ditemui di Kantor Bupati Cirebon, Jalan Sunan Kalijaga, Kecamatan Sumber, Senin (9/12/2019).

Imron mengatakan, pada beberapa kasus, ODHA yang mendapatkan perilaku diskriminatif, kerap memiliki rasa dendam, dengan cara menularkan penyakitnya tersebut kepada orang lain.

Sebaliknya, kata Imron, bila diperlakukan sama dengan lainnya, para ODHA ini akan terhibur dan memiliki semangat untuk mencapai kesembuhan.

Kenyataan Getir, 518.516 ODHA di Indonesia Tidak Memperoleh Layanan Kesehatan HIV

"Penyakitnya yang harus dijauhi, bukan orangnya," katanya.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon, mencatat, sebanyak 1.993 warga dinyatakan positif mengidap acquired immune deficiency syndrome (AIDS), tersebar di 40 kecamatan.

Kepala Dinkes Kabupaten Cirebon, Enny Suhaeni, mengatakan, jumlah tersebut berhasil dihimpun hingga Desember 2019 dan meningkat dibandingkan tahun lalu.

"Jumlahnya meningkat lebih dari 100 orang, tahun lalu 1.812 orang. Menimpa usia-usia produktif," kata Enny saat ditemu pada peringatan Hari AIDS Sedunia di Kantor Bupati Cirebon, Jalan Sunan Bonang, Kecamatan Sumber, Senin (9/12/2019).

Halaman
12
Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved