Konsep Smart City, Solusi Kota dan Warganya Beradaptasi dan Menyelesaikan Masalah Secara Cepat

Konsep smart city menjadi solusi bagi masyarakat serta pemerintah dalam menghadapi berbagai permasalahan tersebut.

Konsep Smart City, Solusi Kota dan Warganya Beradaptasi dan Menyelesaikan Masalah Secara Cepat
Tribunjabar.id/Cipta Permana
Ketua Smart City Research Group, Indrawati PhD menjelaskan terkait hasil penelitian yang dilakukannya terkait smart city di Kota Bandung dan kota di negara maju lainnya, dalam acara bedah buku bertajuk Inilah Cara Mengukur Kesiapan Suatu Kota Pintar di Auditorium Magister Manajemen Universitas Telkom, Jalan Geger kalong hilir, Kota Bandung. Sabtu (7/12/2019) / cipta permana. 

Laporan Wartawan Tribunjabar.id, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pesatnya laju pertumbuhan sebuah wilayah perkotaan, disertai perkembangan zaman telah turut membawa dampak perubahan pada perilaku masyarakat.

Masyarakat dituntut beradaptasi dengan lingkungan di sekitarnya.

Hal tersebut pun terjadi bagi kota-kota besar di Indonesia, khususnya di Kota Bandung, yang mulai berbenah menuju sebuah konsep kota pintar atau smart city.

Ketua Smart City Research Group, yang juga tenaga dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Telkom University, Indrawati PhD mengatakan, smart city merupakan kota yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, untuk menghubungkan dan memfasilitasi berbagai sistem pelayanan dan sistem kerja di dalam suatu kota.

Jalur Selatan Jawa Sempat Lumpuh, Pohon Bertumbangan di Kawasan Ciamis Jawa Barat

"Dengan smart city menjadikan sebuah kota, terus belajar dan melakukan penyesuaian dalam upaya menyelesaikan permasalahan yang ada, secara adaptif, cepat, dan tepat, serta berkesinambungan," ujarnya dalam sebuah acara bedah buku bertajuk Inilah Cara Mengukur Kesiapan Suatu Kota Pintar di Auditorium Magister Manajemen Universitas Telkom, Jalan Geger kalong hilir, Kota Bandung. Sabtu (7/12/2019).

Perempuan yang akrab disapa Iin tersebut menjelaskan, menurut hasil data survei jumlah penduduk wilayah perkotaan atau urban secara global, kini telah meningkat drastis, dengan rasio peningkatan yang hampir mencapai 58 persen.

Hal ini pun berlaku di tanah air, dimana Indonesia menjadi negara dengan tingkat pertumbuhan penduduk urban tertinggi di bandingkan negara lainnya di Asia.

Bahkan berdasarkan hasil penelitiannya yang telah dilakukan selama 2,5 tahun dan melibatkan 22 orang peneliti lintas keilmuan yang tergabung dalam Smart City Research Group, menemukan bahwa pertumbuhan penduduk yang tinggi membawa dampak bagi perubahan ekosistem wilayahnya, seperti perilaku masyarakat, banjir, kemacetan dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, konsep smart city menjadi solusi bagi masyarakat serta pemerintah dalam menghadapi berbagai permasalahan tersebut.

Warga Takjub, Kitab Al Quran Masih Utuh saat Kebakaran Hebat Hanguskan 5 Rumah Hingga Isi-isinya

Halaman
12
Penulis: Cipta Permana
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved