Sukseskan Aplikasi Sapawarga, Gubernur Beri Penghargaan kepada Tokoh Masyarakat dan Kabupaten/Kota

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dalam acara Jabar Digital Innovation Award (JDIA) 2010

Sukseskan Aplikasi Sapawarga, Gubernur Beri Penghargaan kepada Tokoh Masyarakat dan Kabupaten/Kota
Tribun Jabar/Cipta Permana
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (tengah) berfoto bersama dengan Kadiskominfo Jabar, Setiaji (jas hitam), Atalia Praratya Ridwan Kamil (istri Gubernur Jabar/kebaya kuning), dan para peraih penghargaan Best Sapawarga dalam acara Jabar Digital Innovation Award (JDIA) 2010 di Trans Luxury Hotel Bandung, Jalan Gatot Soebroto, Kota Bandung, Jumat (6/12/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menanugerahkan apresiasi penghargaan kepada sejumlah tokoh masyarakat dan satuan kerja perangkat daerah ( SKPD) kabupaten/kota, yang telah menyukseskan keterbukaan informasi dan komunikasi melalui Aplikasi Sapawarga.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dalam acara Jabar Digital Innovation Award (JDIA) 2010 di Trans Luxury Hotel Bandung, Jalan Gatot Soebroto, Kota Bandung. Jumat (6/12/2019)

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, hadirnya aplikasi Sapa Warga ini dalam rangka memperlancar arus informasi dan komunikasi, antara Pemprov Jabar melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) dengan aparat pemerintah tingkat kewilayahan, khususnya para ketua RW se-Jawa Barat.

"Hari ini menjadi satu lompatan besar transformasi digital di Jawa Barat dilakukan, dengan merilis super-apps namanya Aplikasi Sapawarga yang hadir di puluhan ribu ketua RW se Jawa Barat. Jadi ketua-ketua RW ini kami kasih pinjam pakai smartphone istilahnya, yang didalamnya telah terinstal aplikasi 'Sapa Warga'," ujar pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut seusai acara.

Bangun Hubungan Komunikasi Intensif dengan RW, Pemprov Jabar Luncurkan Aplikasi Sapawarga

Menurutnya, dengan aplikasi tersebut, para ketua RW dapat langsung mengusulkan saran, ataupun menyampaikan keluhan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Sekaligus menjadi sarana komunikasi bagi Pemerintah Provinsi Jawa Barat terkait adanya sebuah program maupun kebijakan baru yang ingin disampaikan kepada masyarakat. Sehingga arus komunikasi ini berjalan dua arah.

Selain itu, aplikasi ini pun berfungsi sebagai upaya pencegahan penyebaran informasi bohong atau hoaks, sebelum berkembang di masyarakat. Bersama
tim Jabar Saber Hoaks yang dimiliki Pemprov Jabar, lanjutnya akan memonitor aktivitas komunikasi di media sosial dan memberikan laporan setiap minggunya terkait adanya informasi yang dipastikan bersifat hoaks melalui aplikasi tersebut.

"Jadi nanti setiap minggunya Jabar Saber Hoaks akan menyampaikan informasi yang telah ditelusuri kebenarannya, dan menyampaikannya melalui aplikasi Sapa Warga. Informasi yang disampaikan itu, tolong diteruskan kepada warganya. Sehingga fungsi aplikasi ini juga sebagai alat proteksi dalam melindungi sirkulasi informasi yang berkualitas di masyarakat," ucapnya.

Emil menjelaskan, aplikasi Sapa Warga yang telah diluncurkan tersebut, merupakan tahap pertama yang hanya dapat digunakan sebagai sarana aplikasi antara ketua RW dan Pemprov Jabar. Namun kedepan, aplikasi tersebut akan terus dikembangkan hingga dapat digunakan secara umum dan dapat diunduh oleh warga untuk berkomunikasi dengan para ketua RW pada tahun depan.

"Secara sistem pemanfaatan seperti halnya sosial media, tapi keunggulannya, setiap proses komunikasi atau penyebaran informasi yang mengalir di aplikasi Sapa Warga akan terekam jejak digitalnya. Usulannya apakah berhasil atau apakah sedang berproses, sudah delivery atau tidak. Sebagaimana istilah Pak Jokowi (Presiden RI) bahwa jangan cuma send tapi juga harus deliver (tersampaikan), sehingga sarana aplikasi ini juga menjadi alat kontrol sosial," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Cipta Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved