Ridwan Kamil Hadiri Wisuda ISBI Bandung, Wisudawan Diminta Jadi SDM yang Kompetitif dan Produktif

Ridwan Kamil, menghadiri kegiatan Wisuda Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung, di Malibu Dome Convention Hall Hotel Grand Pasundan

Ridwan Kamil Hadiri Wisuda ISBI Bandung, Wisudawan Diminta Jadi SDM yang Kompetitif dan Produktif
Tribun Jabar/Fasko Dehotman
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menyampaikan sambutan pada kegiatan Wisuda Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung, di Malibu Dome Convention Hall Hotel Grand Pasundan, Jalan Peta, Rabu (4/12/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Fasko Dehotman

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menghadiri kegiatan Wisuda Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung, di Malibu Dome Convention Hall Hotel Grand Pasundan, Jalan Peta, Rabu (4/12/2019).

Dalam sambutannya, Gubernur Jawa Barat berpesan, agar para Wisudawan Isbi menjadi sumber daya manusia yang kompetitif dan produktif, menjadi pribadi yang tidak mudah dipecah belah, dan senantiasa menjaga persatuan.

Hal tersebut Ia sampaikan guna menyongsong masa depan Indonesia menuju 2045. Pada tahun tersebut, Indonesia akan diprediksi menjadi salah satu negara adidaya.

Ridwan Kamil mengungkapkan, masalah Bangsa Indonesia di masa depan bukan ilmu, dan bukan uang, tetapi mudahnya terpecah belah.

Jika urusan tesebut bisa kokoh, maka tidak ada lagi yang mampu mengutak-atik. Saya meyakini Bangsa Indonesia akan selamat di masa depan.

“Maka dari itu, saya imbau kepada para Wisudawan ISBI, jika ada ujaran-ujaran atau narasi-narasi atas nama apapun yang ingin menggeser dan melemahkan persatuan, harus kita lawan. Tolong jaga Pancasila kita," ujar Ridwan Kamil di atas mimbar wisuda.

Ridwan Kamil menambahkan, guna menyongsong masa depan Indonesia menuju 2045, terdapat tiga syarat utama yang harus dijaga.

Di antaranya, kestabilan ekonomi harus dijaga seperti saat ini, sosial politik harus kondusif, dan memiliki sumber daya manusia yang kompetitif dan produktif.

“Maka saya doakan semoga para Wisudawan ISBI Bandung menjadi generasi kompetitif dan produktif. Untuk mewujudkan hal tersebut, para Wisudawan harus menguasai bahasa asing lebih banyak, kuasai skill budaya, kuasai teknologi, kuasai ilmu leadership, dan berkiprah dalam pembangunan,” kata Gubernur Jawa Barat. (Fasko)

Penulis: Fasko dehotman
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved