Rekomendasi 5 Minuman yang Bermanfaat Membuat TIdur Menjadi Nyenyak

Para ahli merekomendasikan orang dewasa di usia 18-60 tahun setidaknya membutuhkan waktu tidur 7-9 jam setiap malam.

Editor: Yongky Yulius
web
Susu 

TRIBUNJABAR.ID - Para ahli merekomendasikan orang dewasa di usia 18-60 tahun setidaknya membutuhkan waktu tidur 7-9 jam setiap malam.

Terlalu sedikit atau terlalu banyak tidur dapat dikaitkan dengan beberapa gangguan kesehatan, di antaranya adalah meningkatkan risiko depresi, diabetes, penyakit hati, hingga kematian.

 

Beberapa faktor bisa menjadi penyebab kita tidur kurang nyenyak dan tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Tribunjogja.com kali ini akan membagikan lima minuman yang bisa Anda konsumsi sebelum tidur, sehingga dapat memberikan efek rileks dan membuat Anda tidur nyenyak, dilansir dari laman Healthline.com.

1. Teh Chamomile 

Teh chamomile.
Teh chamomile. (https://yerbamateculture.com/)

Chamomile adalah sejenis bunga aster. Teh yang dicampur dengan bunga chamomile ini sudah sejak lama dikonsumsi. 

Teh chamomile ini memiliki sederet manfaat kesehatan, termasuk meredakan gejala flu, mengurangi peradangan, dan meningkatkan kesehatan kulit. 

Siapkan Payung, Mantel, dan Minuman Hangat, Kuningan Diprediksi Hujan Hari Ini

Tak hanya itu, chamomile juga dapat membantu mengatasi kepanikan dan membuat pikiran rileks, sehingga bisa meningkatkan kualitas tidur.

Untuk membuat teh chamomile di rumah, campurkan 4 sdm bunga chamomile segar atau 2 sdt bunga chamomile kering dengan 1 cangkir air panas (237 ml). Biarkan bunga terendam selama sekira lima menit, lalu saring dan minum airnya.

2. Teh peppermint

Teh peppermint.
Teh peppermint. (https://food.ndtv.com/)

Teh peppermint dapat meningkatkan kualitas tidur dengan cara menenangkan masalah pencernaan, yang tak jarang mengganggu kualitas tidur. 

Secara umum, teh ini aman untuk dikonsumsi, namun dia juga dapat memengaruhi tekanan darah, dan mungkin bereaksi dengan obat diabetes tertentu.

Ini 5 Menu Minuman yang Wajib Dicoba di Kopiyor

Jadi, jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan, ada baiknya berkonsultasi dulu pada dokter sebelum minum teh peppermint.

Cara membuatnya di rumah, rebus 2 gelas air (480 ml) kemudian tambahkan segenggam daun peppermint. Masukkan jumlah daun sesuai selera Anda. Rendam daun di dalam air sekira 5 menit, kemudian saring dan Anda bisa meminum airnya selagi hangat.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved